Share

80% Lulusan Sekolah Vokasi UGM Langsung Kerja

Margaret Puspitarini , Okezone · Jum'at 22 Agustus 2014 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 22 373 1028570 HqmTikGUkt.jpg 80% Lulusan Sekolah Vokasi UGM Langsung Kerja (Ilustrasi : Okezone)
A A A

JAKARTA - Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali mewisuda 905 lulusan diploma dengan lama studi rata-rata tiga tahun. Dari 15 program studi (prodi) di SV UGM, sebanyak 80 persen lulusan diploma UGM terserap pasar kerja.

 

Hal ini disampaikan oleh Rektor UGM Pratikno saat mewisuda lulusan vokasi, beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, ada total 27 prodi di Sekolah Vokasi UGM. Dari jumlah tersebut, sekira 80 persen lulusan dari 15 prodi terserap di pasar kerja bahkan dengan masa tunggu kurang dari 1,5 bulan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Tanpa menyebutkan prodi yang dimaksud, Pratikno menilai, para lulusan Sekolah Vokasi UGM bisa bersaing dan diterima di banyak perusahaan baik di dalam dan luar negeri.

“Ini hasil yang menggembirakan dari Sekolah Vokasi,” papar Pratikno, seperti dilansir dari laman UGM, Jumat (22/8/2014).

 

Menurut Pratikno, prestasi tersebut tidak terlepas dari berbagai kegiatan kerja sama yang dijalin Sekolah Vokasi dengan berbagai pihak. Sekolah Vokasi yang terdiri atas 16 prodi kelompok IPA dan 11 prodi kelompok IPS itu juga bekerja sama dengan perguruan tinggi dan berbagai perusahaan dari China, Jepang, Jerman dan Selandia Baru untuk mempersiapkan kemampuan daya saing dan kualitas akademik mahasiswanya.

 

"Tidak hanya kerja sama riset, Sekolah Vokasi juga mengirimkan mahasiwa. Saat ini ada 50 orang mahasiswa yang magang ke luar negeri," katanya.

 

Dia berharap, lulusan Sekolah Vokasi tidak hanya bisa bersaing mendapatkan pekerjaan di dalam negeri namun juga luar negeri. Apalagi Indonesia tengah menghadapi era globalisasi dan keterbukaan pasar serta diberlakukannya Asean Single Community pada 2015.

 

Pratikno yakin, para mahasiswa Sekolah Vokasi UGM akan mampu berkompetesi dengan kompetensi yang mereka miliki. "Saya yakin dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa tentu akan mampu berkompetisi," urai Pratikno.

 

Pada wisuda kali ini, sebanyak 243 atau 26,8 persen lulusan mendapat predikat Cum Laude. Sementara nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata wisuda kali ini adalah 3,24. Adapun IPK tertinggi diraih oleh Endah Purwati dari D-3 Kesehatan Hewan dengan nilai IPK 3,95.

 

Waktu studi tersingkat diraih Fombagidodo Laia dari prodi D-3 Bahasa Mandarin yang lulus dalam waktu dua tahun tujuh bulan. Sedangkan lulusan diploma termuda diraih Zanna Chobita Arithusa dari prodi D-3 Ilmu Komputer dan Sistem Informasi  yang lulus pada usia 18 tahun delapan bulan 12 hari.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini