Share

3 Alumni UGM Bagi Kisah Sukses ke Mahasiswa Baru

Margaret Puspitarini , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 373 1028092 nNH4Ij3XTt.jpg Foto : 3 Alumni UGM Bagi Kisah Sukses ke Mahasiswa Baru/UGM
A A A

JAKARTA - Motivasi menjadi suntikan semangat yang sangat ampuh bagi siapa saja. Termasuk para mahasiswa baru yang akan memasuki dunia baru perkuliahan. Kisah inspiratif dari alumni akan membantu mereka termotivasi untuk menyelesaikan kuliah dengan baik dan tepat waktu.

Menyadari hal tersebut, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengundang tiga alumni Fakultas Biologi UGM untuk berbagi kisah sukses mereka kepada para mahasiswa baru dalam talkshow bertajuk "Metamorphoself." Ketiga alumni itu ialah Presiden Direktur PT. Seabreez Indonesia Agus Rochiyardi, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta Sudarmaji, serta Direktur PT. Saniri Jaya, Sulawesi Edy Susanto.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Agus Rochiyardi menyebut, ada beberapa prinsip hidup yang terus dipegangnya ketika studi maupun setelah bekerja. Hidup menurut Agus penuh dinamika, hidup adalah sebuah pilihan, sebuah komitmen, dan tidak selamanya abadi.

Inilah yang juga mengantarkan Agus melanjutkan studi di Fakultas Biologi UGM setamat dari SMAN 1 Yogyakarta ketika itu. Dia menegaskan, harus ada target yang ditetapkan oleh para mahasiswa dengan apapun jurusan yang mereka pilih.

“Soal studi itu pilihan. Studi juga bukan persoalan cepat atau lambat lulus tapi ada proses dan target yang harus diraih,” kata Agus, seperti dinukil dari situs UGM, Kamis (21/8/2014).

Menurut Agus, ilmu yang diperoleh selama studi cukup komprehensif sehingga bisa menjadi dasar untuk bisa bekerja di mana saja. Berbagai kebutuhan kerja yang dibutuhkan seperti teknologi, SDM, hingga operasional bisa diterapkan dalam bidang pekerjaan apapun.

Kuncinya, ujar Agus, tinggal menyesuaikan kemampuan tersebut dengan bidang pekerjaan yang dipilih. “Templatenya sudah ada tinggal menerapkan dan menyesuaikannya,” paparnya.

Lain halnya dengan Sudarmaji. Alumnus Fakultas Biologi angkatan 1978 mengaku telah tertarik dengan ilmu Biologi sejak SMA. Maka katika dinyatakan diterima di Fakultas Biologi UGM, Sudarmaji mengoptimalkan potensinya untuk terus berlatih dan belajar.

Oleh karena itu, lanjutnya, para mahasiswa harus memanfaatkan perkuliahan dengan berusaha sebaik mungkin. Apalagi mengingat kebutuhan lulusan Biologi terus meningkat.

“Pokoknya jangan asal-asalan. Do the best. Kebutuhan pengembangan ilmu Biologi saat ini terus meningkat. Salah satunya di bidang bioteknologi dan rekayasa genetika. Untuk itu para mahasiswa baru diharapkan bisa memaksimalkan studi dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya," imbuh Sudarmaji.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini