Share

Tesla & Panasonic Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

Arief Aszhari, Okezone · Senin 04 Agustus 2014 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 04 52 1019827 FWYGSoXpPp.jpg F: Panasonic & Tesla Kerjasama bangun pabrik baterai mobil listrik (Reuters)

NEW YORK- Rencana pembangunan pabrik baterai berskala besar di Amerika Serikat, bernama Gigafactory, antara Tesla dan Panasonic sepertinya akan segera terwujud. Pasalnya, kedua pabrikan ini telah menjalin kerjasama untuk mewujudkan proyek besar tersebut.

Dilansir Inautonews, Senin (4/8/2014), sebelumnya Tesla dan Panasonic memang telah melakukan kerjasama selama bertahun-tahun pada kendaraan listrik, dan kali ini keduanya sepakat untuk membangun Gigafactory.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rencananya, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini akan mempersiapkan, menyediakan, dan mengelola tanah, bangunan, dan utilitas. Sedangkan Panasonic akan memproduksi dan memasok sel lithium-ion dan berinvestasi untuk mesin, dan alat-alat manufaktur.

Untuk lokasi pabriknya sendiri memang belum ditentukan oleh keduanya, jadi untuk sementara ini baterai dengan kemasan Gigafactory. Dan untuk saat ini Panasonic masih akan mengembangkan sel Tesla di Jepang.

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, Gigafactory akan mampu memproduksi sebanyak 500 ribu baterai mobil listrik pertahun, bahkan lebih untuk kebutuhan penyimpanan stasioner, yang berarti 35GWH sel dan 50 HWh dalam kemasan pada 2020 mendatang.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini