Share

TMMIN Raup USD236,4 dari Ekspor Komponen

Septian Pamungkas, Okezone · Sabtu 26 Juli 2014 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 26 52 1018478 XdD1GgjMRN.jpg F: Aktivitas di pabrik Toyota Karawang 2 (Arief A/Okezone)

JAKARTA - Tidak hanya mengekspor kendaraan utuh, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga memasarkan komponen kendaraan dalam bentuk CKD (Complete Knock Down).

Berdasarkan data yang Okezone terima, sepanjang semester satu tahun ini, TMMIN telah mengekspor lebih dari 20.800 unit CKD ke-6 negara, lebih dari 30,6 juta buah komponen ke 16 negara, 25.000 unit mesin utuh ke-12 negara dan 48.000 unit komponen mesin berupa cylinder head ke Thailand.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun nilai ekspor komponen kendaraan Toyota Indonesia sepanjang Januari hingga Juni 2014 mencapai USD236,4 juta. Jika gabungkan antara komponen kendaraan serta ekspor kendaraan secara utuh mencapai USD870,2 juta.

"Kami berharap bahwa Toyota Indonesia dapat berperan aktif di bidang pendalaman industri otomotif terutama industri komponen yang melibatkan mata rantai pemasok lokal dengan adanya kontinuitas pengiriman produk ekspor yang bukan hanya dalam bentuk kendaraan utuh melainkan juga dalam bentuk mesin dan komponen kendaraan." ungkap I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN dalam keterangan resminya.

Sebagai informasi, Toyota telah melakukan aktivitas ekspor sejak 1987. Kijang Super atau Kijang generasi ke-3 menjadi senjata andalan Toyota kala itu. Tahun demi tahun ekspor Toyota terus mengalami peningkatan dan saat ini Toyota Indonesia memiliki 72 negara tujuan ekspor.

"Toyota Indonesia saat ini telah menjadi basis produksi dan ekspor yang diperhitungan di kawasan Asia-Pasifik. Kedepannya, kami akan terus berupaya meningkatkan daya saing diantara negara-negara ASEAN dalam mengantisipasi ASEAN Economy Community 2015." ujar Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN

Toyota berharap, ekspor kendaraan utuhnya bisa tumbuh sebesar 30 persen dibandingkan total ekspor CBU Toyota tahun lalu.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini