Share

Ini Faktor Penyebab Turunnya Penjualan Mobil

Septian Pamungkas, Okezone · Rabu 30 Juli 2014 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 52 1018252 x2irhnh9lg.jpg F: Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil secara nasional pada semester satu tahun ini mencapai angka 642.311 unit. Angka ini turun dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 714.400 unit.

Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin menilai ada sejumlah faktor yang mempengaruhi menurunnya penjualan selama enam bulan awal tahun ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Penjualan menurun karena waktu kerja terpengaruh oleh pemilihan presiden. Kedua, ada juga faktor lebaran. Orang H-3 pikirannya sudah cuti, lalu ambil liburan. Libur lebaran yang jatuhnya tanggal 28 Juli mempengaruhi hari kerja," terangnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Abong tersebut menyebutkan beberapa faktor yang disebutkan di atas menyebabkan konsumen menahan diri untuk membeli mobil. Dirinya juga memprediksi penjualan bulan depan akan menurun.

"Saya kira dengan adanya pilpres ini memang ada konsumen yang menunda pembelian, tapi tidak semua. Saya kira perlu dicermati pula saat liburan lebaran ini juga bertepatan dengan tahun ajaran baru. Agustus seharusnya menurun," tuntasnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini