Share

Efek Jembatan Comal, Distribusi Motor Honda Terhambat

Arief Aszhari, Okezone · Rabu 23 Juli 2014 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 53 1016965 SQWdRDOq4i.jpg F: Produksi Honda BeAT (dok AHM)

JAKARTA- Amblesnya jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu mengakibatkan terganggunya distribusi barang, dan juga kendaraan ke daerah Jawa dan Bali. PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi salah satu pihak yang merasakan dampak dari rusaknya jalan di jembatan tersebut.

"Akses distribusi menuju Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali terhambat karena terputusnya jembatan Comal. Distribusi ini bisa terhambat tiga sampai empat hari," papar Direktur Marketing AHM, Margono Tanuwijaya, kepada wartawan di sela-sela acara Mudik Bareng Honda, di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (23/7/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut Margono mengatakan, terputusnya jembatan Comal ini sekira 20 ribuan unit tidak bisa terkirim. Dengan terhambatnya pengiriman ini diperkirakan pabrikan asal Jepang ini mengalami kerugian cukup besar, meski Margono tidak membeberkannya secara rinci.

"Jumlah ini lumayan besar, karena dari daerah tersebut mencakup sekira 30 sampai 40 persen dari total penjualan Honda. Untuk kerugiannya, tinggal dikalikan saja misalnya satu sepeda motor diharga rata-rata Rp15 jutaan," tambahnya.

Namun pabrikan berlambang sayap mengepak ini mengaku tetap menyiapkan alternatif baru untuk mendistribusikan sepeda motor ke daerah tersebut. Honda akan mengalihkan distribusi dari jalur Pantura melintasi jalur selatan, namun dengan alternatif tersebut waktu pengiriman akan lebih lama karena jarak yang ditempuh lebih jauh.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini