Share

Jajal Enak Kuliner Pinggir Jalan Eropa Timur

Ira Aldira, Okezone · Rabu 23 Juli 2014 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 299 1016913 xKj3TyT5E7.jpg Jajal Enak Kuliner Pinggir Jalan Eropa Timur (Foto:midtownlunch)
A A A

BERLIBUR ke Eropa Timur jangan lupa mencicipi aneka macam makanan pinggir jalan yang lezat.  

Tidak hanya Prancis, Inggris atau Belanda mempunyai makanan khas tapi negara bagian di Eropa Timur seperti Rusia, Slowakia, Slovenia dan Ukraina memiliki aneka ragam makanan dan paling favorit adalah makanan yang dijajahkan di pinggir jalan. Berikut makanan pinggir jalan di Eropa Timur dilansir Easteuropean Food, Rabu (23/7/2014).

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rusia

Ada beberapa makanan tradisional favorit di Rusia yaitu blini atau pancake, pirozhki atau pangsit daging, pelmeni, dan sosis yang banyak tersedia di pinggir jalan. Satu lagi populer di Rusia adalah shawerma, hidanngan ini mirip seperti doner kebab Turki dan gyros Yunanai, dibuat dengan daging ayam dan disajikan dengan roti pita yang diberi kubis atau salad wortel, mentimun, tomat dan saus tomat dan saus yogurt pedas.

 

Ada pula rotisserie chicken, ayam panggang, grilled shashlik dan puff pastry yang diisi selai beraries, ayam jamur dan lainnya. Jika berjalan-jalan di Rusia makan dengan mudah akan menemukan gerobak yang menjual minuman yang terbuat dari roti fermentasi atau biasa disebut bir roti. Minuman ini dipercaya dapat memberikan kesehatan dan menghindari dari haus selama musim panas.

Slovakia Makanan pinggir jalan di Slovakia yang terkenal adalah roti goreng yang diberi bawang putih dan garam atau topping lainnya, mirip seperti langos Hungaria, dan pierogi Polandia. Sedangkan makanan pinggir jalan lainnya yaitu palacinky mirip seperti palachinke Serbia, palacsinta Hungaria dan nalesiki Polandia.

 

Slovenia

Di kota Slovenia terkenal dengan doner kebab Turki yang terbuat dari daging sapi atau ayam disajikan dengan kubis, tomat, mentimun, bawang dan saus yogurt pedas. Ada pula makanan pinggir jalan lainnya seperti hot dog, sosis, hamburger. Selain itu ada lagi makanan yang menjadi favorit warga Slovenia seperti cevapcici sa kajmakom yang terbuat dari sosis dengan keju yang dimakan dengan bawang mentah dan saus paprika dan prebranac sa klobaso terbuat dari kacang rebus pedas diberi sosis diatasnya. Beberapa pedagang menjual fillet ayam panggang dengan jamur dan disajikan dengan mayones dan saus tomat.

 

Ukraina Di Ukraina makanan pinggir jalan populer adalah shawerma atau dikenal sebagai doner kebab Turki atau gyros Yunani. Tapi ada pula berbagai makanan lainnya seperti varenyky, pelmeni, piroshky, sosis dan chebureki yang banyak dijual di beberapa kota.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini