Share

Tipe Bebek Honda Buktikan Keiritan

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 22 Juli 2014 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 22 53 1016262 noH9ks0jEM.jpg F: Lomba adu irit tipe bebek Honda (dok. WMS)

JAKARTA - PT Wahana Makmur Sejati (WMS) sebagai diler resmi sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang menggelar lomba adu irit untuk tipe bebek Honda. Lomba adu irit ini berlangsung akhir pekan lalu bersamaan dengan gelaran Safari Ramadan Honda 2014 di Area Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Ada 10 unit motor bebek yang digunakan, diantaranya empat unit Honda Revo FI, tiga unit Honda Blade 125 FI dan tiga unit Supra Honda Supra X 125 FI. Peserta dalam ajang adu irit ini berasal dari kalangan media nasional dari bidang automotif.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Prosesi lomba adu irit ini tidak berlangsung bersamaan. Pelepasan dibagi tiga kloter. Grup Honda Revo FI menjadi kloter pertama, disusul grup Honda Blade 125 FI dan terakhir Honda Supra X 125 FI.

Untuk menjaga netralitas, tangki bensin dan kunci kontak disegel. Selama perjalanan, peserta juga dikawal marshall yang berasal dari klub motor Honda. Selain mengawal, marshall bertugas untuk memastikan peserta tidak berlaku curang.

Jarak yang ditempuh dalam kontes ini mencapai 15 km dengan kondisi jalan dan tingkat kepadatan yang beragam. Para peserta dituntut untuk menerapkan teknik Eco Riding untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit.

Beberapa cara yang dilakukan diantaranya menjaga putaran gas dan meminimalisir penggunaan rem. Rata-rata peserta menjaga kecepatan dengan berjalan secara konstan pada kecepatan 40-50 km/jam.

Hasil yang diperoleh tiap grup cukup mengejutkan. Pemenang Honda Revo FI memperoleh angka 99,167km/liter. Sementara pemenang Honda Supra X 125 Fi membukukan 140km/liter. Pemenang Honda Blade 125 FI memperoleh hasil tertinggi yakni 181,538km/liter.

Sebagai informasi, lomba adu irit ini menggunakan metode full to full. Itu berarti pengisian bensin dilakukan pada batas tertentu dalam tangki. Di akhir garis start petugas teknis akan mengisi ulang penggunaan bahan bakar sesuai dengan pengisian awal start dengan rumus Konsumsi BBM (Km/Ltr) = Jarak Tempuh (Km) / Qty BBM yang diisikan (Ltr).

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini