Share

Mudik Pakai Motor, Waspadai Lubang Jalanan

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 21 Juli 2014 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 21 53 1015814 GVtezI5la6.jpg F: Ilustrasi jalanan berlubang (Okezone)

JAKARTA - Musim mudik lebaran tahun ini diprediksi angka pemudik yang menggunakan sepeda motor masih tinggi. Permasalahan yang selalu membayangi pemudik motor adalah kecelakaan akibat lubang maupun kondisi jalanan yang rusak.

Menanggapi hal ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, kecelakaan akibat jalan berlubang dapat diminimalisir asalkan setiap pengguna jalan selalu menanamkan sikap antisipasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Jalanan adalah sebuah lingkungan yang tidak aman. Banyak potensi bahaya yang mengintai, baik karena jalan yang berlubang, atau karena sikap dari pengendara lain. Selalu tanamkan sikap antisipasi," jelas Jusri Palubuhu kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Jusri mengimbau, setiap pengendara sepeda motor sangat disarankan untuk menjaga kecepatan kendaraan. Dengan demikian, semua potensi kecelakaan bisa diminimalisir. Selain itu, selalu menggunakan safety gear.

"Yang paling penting tetap menggunakan safety gear ketika ingin berkendara. Helm, jaket, sarung tangan dan sepatu adalah wajib. Bisa ditambah dengan body protector. Jaga kecepatan untuk bisa mengantisipasi lubang. Kalau tidak bisa menghindar, dan harus menghantam lubang, risikonya tidak terlalu besar bila kecepatan tidak terlalu tinggi," tambah Jusri.

Dilanjutkannya, selalu pastikan kondisi kendaraan yang harus layak jalan, dan harus terus menanamkan sikap antisipasi selama berada di jalanan. Ingat, jalanan adalah killing field yang bisa membunuh siapa saja.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini