Share

Guys, Bersepeda Tidak Sebabkan Kemandulan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 21 Juli 2014 13:15 WIB
$detail['images_title']
Bersepeda tidak bikin mandul (Foto: Redorbit)

BERSEPEDA merupakan aktivitas fisik yang dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Namun, kini ada sedikit kekhawatiran bagi para pria bahwa bersepeda dapat menyebabkan kemandulan.

Para peneliti mengatakan, saat bersepeda para pria mungkin menghadapi risiko lebih tinggi mengalami kanker prostat, bukan kemandulan atau disfungsi ereksi. Karenanya, pria tidak perlu khawatir untuk melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan ini setiap hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Pria tidak perlu khawatir mengenai meningkatnya risiko kanker prostat dengan bersepeda. Pria harus lebih sering bersepeda karena bermanfaat bagi kesehatan jantung, paru-paru dan seluruh tubuh,” kata penulis utama studi dari University College London, Dr Milo Hollingworth, sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Senin (21/7/2014).

Untuk diketahui, penelitian sebelumnya telah menyebutkan bahwa bersepeda lebih dari tiga jam sehari meningkatkan risiko disfungsi ereksi. Namun, pada studi baru, para peneliti menyurvei lebih dari 5.000 laki-laki pengendara sepeda dari rentang waktu 2012 hingga 2013. (Baca: Kesemutan Jangka Panjang Berujung Impotensi)

Delapan persen laki-laki melaporkan masalah disfungsi ereksi. Namun, para peneliti menemukan bahwa disfungsi ereksi yang terjadi pada para peserta lebih kepada tiga faktor, yakni tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, dan usia yang lebih tua. (Baca: Alpukat Ampuh Cegah Impotensi Pria)

 

(fik)