Share

Pertamina Bekali Univ. Brawijaya Mobil Listrik

Arief Aszhari, Okezone · Sabtu 19 Juli 2014 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 19 52 1015079 ERqXxIyjlU.jpg F: Pertamina sumbang mobil listrik (Dok. Pertamina)

JAKARTA- Sebagai komitmen dalam upaya perusahaan untuk mendukung pengembangan kapasitas nasional, dalam penyediaan mobil listrik sebagai alat transportasi ramah lingkungan, PT Pertamina (Persero), memberikan bantuan berupa satu unit mobil Electric Executive Luxury Car kepada Universitas Brawijaya.

Bantuan ini merupakan salah satu dari enam unit mobil listrik yang akan diserahkan Pertamina kepada enam perguruan tinggi. Untuk universitas yang terpilih antara lain, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Riau, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Langkah tersebut adalah tindak lanjut dari surat Kementerian BUMN No. S-59/S.MBU/4.2013 tanggal 24 April 2013, perihal Program Pengembangan Mobil Listrik.

"Ini adalah bentuk partisipasi aktif Pertamina dalam pengembangan mobil listrik nasional. Pertamina sangat mendukung program pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN, dalam upaya pengembangan kapasitas dan kemampuan nasional untuk memproduksi alat transportasi yang ramah lingkungan dan tidak bergantung pada energi fosil yang tak terbarukan," papar Direktur Umum Pertamina, Luhur Budi Djatmiko, dalam siaran resmi yang diterima Okezone, Sabtu (19/7/2014).

Pemilihan enam perguruan tinggi sebagai penerima satu unit mobil listrik ini berdasarkan pertimbangan bahwa perguraun tinggi tersebut telah memiliki program terkait mobil listrik. Mobil listrik bantuan Pertamina ini, dapat dijadikan sebagai sarana penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, Pertamina melalui PT Pratama Mitra Sejati, telah bekerjasama dengan PT Sarimas Ahmadi Pratama (PT SAP) sebagai vendor pelaksana pembuatan mobil listrik yang direkomendasikan Kementerian BUMN untuk membuat enam unit Electric Executive Luxury Car. Keenam mobil tersebut pernah dipamerkan di ajang KTT APEC 2013 di Bali.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini