Share

Harga BBM Harus Naik Sebelum Terjadi Kelangkaan

Selfiani Hasanah , Okezone · Sabtu 19 Juli 2014 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 19 19 1015216 B5qsT22OvY.jpg Ilustrasi BBM. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Besaran kuota konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang telah ditetapkan pemerintah hingga akhir tahun ini terancam jebol. Batas 46 juta kilo liter (kl) tahun ini dikabarkan hanya akan mencapai 19 Desember 2014 nanti.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, pemerintah sudah tidak memiliki ruang lain selain mengupayakan terjaganya konsumsi BBM pada besaran kuota tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Analis energi, Kurtubi, mengatakan jalan keluar terbaik adalah dengan menaikan harga BBM sedini mungkin. Dengan demikian, maka tidak akan terjadi penumpukan antrean di pengisian-pengisian BBM karena adanya pembatasan pemakaian oleh pemerintah.

"Karena kalau konsumsi BBM kita dibatasi, nantinya ini akan menimbulkan masalah baru bagi masyarakat. Bisa terjadi penumpukan antrean di pengisian-pengisian BBM, akan menghambat mobilitas apalagi mengingat sebentar lagi kita akan menghadapi hari raya Idul fitri,' ujarnya saat dihubungi okezone di Jakarta, Sabtu (19/7/2014).

Dia mengatakan, masyarakat juga pasti dapat maklum dengan keputusan tersebut, dengan catatan pemerintah dapat menjelaskan duduk permasalahannya dengan baik.

"Saya rasa masyarakat juga pasti dapat menerima kenaikan tersebut sebagai alternatif jalan keluar yang paling baik namun dengan catatan masyarakat diberikan pengarahan dan dijelaskan mengenai alasan harga BBM tersebut dinaikkan," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini