Share

5 Negara dengan Penduduk Miskin Terbanyak

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone · Jum'at 18 Juli 2014 04:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 17 213 1014116 wZS3fFSGz3.jpg Ilustrasi warga miskin. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menerapkan capaian Milenium Development Goal (MDG) bagi seluruh negara di dunia. Adapun target dari MDG, salah satunya adalah memberantas kemiskinan.

Sayangnya, saat ini hampir satu dari lima orang yang tinggal di negara berkembang masih hidup secara kekurangan, yakni hanya mempunyai USD1,25 per hari atau sekira Rp14.500 per hari jika mengacu kurs Rp11.600 per USD.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meskipun pencapaian tujuan MDG dikatakan mampu mengurangi separuh kemiskinan global sebelum 2015, namun penanggulangan kemiskinan tidak merata di seluruh wilayah.

"Beberapa daerah, seperti Asia Timur dan Asia Tenggara, telah memenuhi target dengan mengurangi separuh angka kemiskinan secara ekstrem, sedangkan daerah lain, seperti sub-Sahara Afrika dan Asia Selatan, masih tertinggal," tulis PBB dalam sebuah laporan, seperti dilansir dari CNBC.

Di Sub-Sahara Afrika 48 persen orang hidup kekurangan, sementara di Asia Selatan, 30 persen orang juga masih hidup dengan financial Rp14.500 per hari, turun dibandingkan dengan 56 persen dan 51 persen pada 1990.

Saat ini, India menduduki peringkat pertama negara paling miskin. Sepertiga dari masyarakat miskin ekstrem di dunia, hidup di negara Asia Selatan. Saat ini, Perdana Menteri baru Narendra Modi diharapkan mampu mendorong reformasi dan mengembalikan ekonomi yang lamban dan mengangkat jutaan orang dari kemiskinan.

China, sebaliknya, telah membuat langkah besar dalam mengurangi tingkat kemiskinan ekstrem, dari 60 persen dari 12 persen dua dekade lalu. Meskipun membuat kemajuan drastis, namun China tetap menempati posisi kedua negara dengan orang miskin paling besar, di belakang India.

"Selain dari negara-negara padat penduduk yang memiliki angka kemiskinan miskin ekstrem, kemiskinan tinggi juga sering ditemukan di negara-negara kecil, rapuh dan yang terkena dampak konflik," kata PBB.

Sementara tiga negara yang memiliki penduduk miskin terbesar lainnya adalah Nigeria sebesar 9 persen, Bangladesh sebesar 5 persen dan Republik Demokratik Kongo 5 persen. Hampir dua pertiga dari penduduk sangat miskin tinggal di lima negara tersebut pada 2010.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini