Share

Tips Mudik Aman ala Chevrolet

Arief Aszhari, Okezone · Selasa 15 Juli 2014 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 15 52 1012965 rFn6ckJgBX.jpg F: Chevrolet Spin (Okezone)

JAKARTA- Menjelang hari raya Idul Fitri, tradisi mudik sepertinya sudah menjadi keharusan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Berbagai moda transportasi digunakan oleh para pemudik, mulai dari kendaraan umum, kendaraan pribadi baik mobil dan motor, bahkan menggunakan transportasi umum seperti bajaj.

Lantas, apa yang harus diperhatikan oleh para pemudik yang berniat untuk membawa kendaraan pribadi seperti mobil untuk pulang kampung dan kembali ke Ibukota. Pihak General Motors (GM) Indonesia sebagai agen pemegang merek Chevrolet Indonesia memberikan tips singkatnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Dadan Ramdhani, Direktur Customer Care GM Indonesia, dengan waktu kurang lebih dua pekan sebelum lebaran para pemudik harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memeriksa kendaraannya. Terutama bagian suku cadang yang memang rentan terhadap kerusakan dan masalah.

"Periksa suku cadang pada kendaraan, karena biasanya jika mobil hanya dipakai untuk jarak dekat atau hanya untuk di dalam kota, berbeda ketika mobil dibawa untuk berpergian ke luar kota, baru akan menimbulkan masalah," ujar Dadan di Senayan, Jakarta Selatan.

Untuk persiapan mudik lebaran, komponen yang harus diperhatikan adalah rem, dan lampu. Kedua komponen tersebut sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam melakukan perjalanan terlebih dengan jarak yang cukup jauh.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kondisi mesin seperti sistem pendingin, dan pelumas. Disarankan bagi sebelum mudik dilakukan, periksa terlebih dahulu kondisi mesin dan melakukan penggantian pelumas, lalu setelah mudik dan telah kembali ke Jakarta bisa kembali dilakukan penggantian kembali.

Khusus untuk mobil yang usianya relatif lama, perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih mendetail. Jika mobil baru hanya mesin, pelumas, dan pendingin untuk mobil lama perlu juga diperhatikan seperti tali kipas, dan water pump atau pompa air. Komponen tersebut kemungkinan jika dipakai sehari-hari tidak akan ada masalah, namun jika dipakai ke luar kota kemungkinan akan menimbulkan masalah.

Untuk kondisi rem juga sama, jika di mobil baru hanya diperiksa ketebalan kampas rem kalau untuk mobil lama pemeriksaan harus diperhatikan lebih intensif. Apakah ada kebocoran pada sistem minyak rem, kebocoran minyak rem, dan kondisi piringan rem. Semua itu harus mendapatkan perhatian khusus.

"Jika semua hal tersebut sudah dilakukan dengan benar, mudah-mudahan kondisi mobil saat melakukan mudik lebaran tidak mengalami masalah dan mudik lancar hingga kembali ke ibukota," pungkasnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini