Share

Ini 15 Kota Paling Aman di Indonesia

Arief Aszhari, Okezone · Jum'at 11 Juli 2014 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 11 52 1011412 63JUvt0LFq.jpg Ilustrasi kemacetan lalu lintas (Okezone)

JAKARTA- Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2014 siap kembali digelar oleh asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Penghargaan yang digelar untuk kedua kalinya ini sudah masuk ke tahap pendaftaran dan penyeleksian menjadi 15 semifinalis yang nantinya akan melewati proses survei dan penjurian.

Berbeda dengan IRSA yang digelar tahun lalu, untuk tahun ini IRSA akan digelar enggunakan desain studi ini, peluang bagi kota atau kabupaten yang berpotensi di Indonesia akan semakin terbuka lebar untuk menjadi kota atau kabupaten terbaik dalam menerapkan tata kelola keselamatan jalan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun untuk proses penilaian, IRSA tahun ini masih menggunakan lima pilar road safety yang telah dicanangkan WHO dan diadopsi oleh banyak negara di dunia yaitu, pilar satu Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), pilar dua Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Pilar tiga Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Pilar empat Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User), Pilar lima Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response).

Untuk kategorinya sendiri, akan terdapat tiga kategori penghargaan yaitu kota metropolitan, kota besar, dan juga kota sedang. dan untuk proses penjurian akan dipilih pemenang yang terdiri dari dua kriteria yaitu perpilar, dan per kategori kota.

Untuk ke-15 kota yang sudah berhasil masuk ke semifinal antara lain, untuk kota sedang ada Kabupaten Bangli, Kabupaten Enkreng, Kota Probolinggo, dan Kota Yogyakarta. Untuk katregori kota besar ada Kota Balikpapan, Kota Bogor, Kota Jambi, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Wonosobo. Untuk kategori kota metropolitan ada Kota Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Sleman.

"IRSA tak sepenuhnya hanya penghargaan belaka, namun terdapat hal penting di dalamnya yaitu evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi seluruh finalis IRSA terpilih," ujar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance saat konfrensi pers Kick Off IRSA 2014 di Crowne Hotel, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Indra mengatakan, adapun hasil evaluasi akan meliputi program berjalan dari masing-masing kota atau kabupaten yang perlu ditingkatkan dan program prioritas ke depan yang diperoleh dari hasil survei, panelis, dan penjurian saat IRSA berjalan.

"Kami percaya bahwa hasil evaluasi ini akan menjadi aset penting bagi pemerintah kota atau kabupaten di Indonesia untuk terus membenahi tata kelola keselamatan jalan," pungkasnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini