Share

Sulit Tekan Impor Dalam Era Perdagangan Bebas

Petrus Paulus Lelyemin , Okezone · Senin 07 Juli 2014 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 07 320 1009559 VLG0NCk4OM.jpg Sulit Tekan Impor Dalam Era Perdagangan Bebas (Foto: Forbes)
A A A

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengakui sulit menekan atau bahkan menghentikan aktivitas impor di era perdagangan bebas saat ini.

Menurut dia, satu-satunya langkah yang paling bisa diambil pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan menyiapkan seluruh struktur ekonomi nasional untuk mampu bersaing di era perdagangan bebas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Oleh karenanya yang harus dilakukan adalah kesiapan dari dalam negerinya sendiri. Harus mampu bersaing, bukan hanya berkompetisi dengan produk-produk dalam negeri tetapi juga harus bisa berkompetisi dengan produk-produk luar negeri," tutur CT ketika ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (7/7/2014)

Dia menjelaskan, seharusnya pengenaan bea masuk terhadap komoditas impor yang selama ini diterapkan mampu memberikan dampak terhadap capaian kinerja impor yang tentunya akan mempengaruhi posisi transaksi perdagangan nasional.

"Yang bisa kita berikan hanya pemberian bea masuk. Nah bea masuk pun ada aturannya. Untuk komoditas-komoditas tertentu, misalnya di pasar Asean. Itu malah hampir boleh dikatakan hampir nol persen," imbuhnya.

CT menegaskan, penguatan struktur industri dalam negeri merupakan kunci bagi Indonesia dalam menjaga ketahanan ekonomi dalam negeri. "Jadi kalau saya lebih condong itu adalah memperkuat industri dalam negerinya," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini