Share

Kabel Rem Karatan, 660 Ribu Mobil Subaru Ditarik

Septian Pamungkas, Okezone · Jum'at 04 Juli 2014 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 04 52 1008149 otNt3S0h67.jpg F: Ilustrasi kabel rem karatan (benzworld)

NEW YORK- National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat menemukan adanya permasalahan pada kabel rem mobil Subaru. NHTSA menilai kabel rem mobil Subaru rentan karatan sehingga dinilai dapat membahayakan si pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

Menurut NHTSA, karatan disebabkan oleh es yang mencair pada kabel rem. Proses pencairan itu sendiri dilakukan menggunakan garam. Alhasil cairan es yang mengandung garam tersebut menyebabkan timbulnya korosi pada kabel rem. Kondisi tersebut dinilai dapat mengakibatkan kebocoran minyak rem dan penurunan performa rem.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Subaru dan NHTSA mendapati laporan 24 pemilik mobil yang mengeluh adanya korosi kabel rem yang mempengaruhi sistem pengereman belakang. Beruntung tidak ada laporan mengenai kecelakaan terkait permasalahan tersebut.

Atas permasalahan ini, pabrikan Subaru memutuskan untuk melakukan penarikan kembali untuk perbaikan (recall) terhadap 660.238 kendaraan yang beredar di Amerika Serikat. Penarikan ini melibatkan mobil Subaru di 20 negara bagian AS. Demikian seperti dilansir Autoevolution, Jumat (4/7/2014).

Adapun model yang terindikasi terkena permasalahan ini adalah Subaru Outback dan Legacy 2005-2009, Impreza 2008-2011, Impreza WRX/STi 2008-2014 dan Forester 2009-2013.

Sementara kota-kota penyebaran mobil ini meliputi Conecticut, Delaware, Illionis, Indiana, Iowa, Maine, Maryland, Massachussets, Michigan, Minnesota, Missouri, New Hampshire, New Jersey, New York, Ohio, Pennsylvania, Rhode Island, Vermont, West Virginia, Wisconsin dan Distric of Colombia.

Subaru akan segera memberitahu pemilik mobil dan diler akan menguji sistem pengereman dengan cara menekan pedal rem serta memeriksa kebocoran minyam rem. Jika tidak ada rembesan minyak rem, maka kabel rem akan diberi lilin anti-karat. Namun jika ditemu adanya kebocoran maka Subaru akan menggantinya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini