Share

Olimpiade MIPA, UGM Boyong 2 Emas & 1 Perak

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 02 Juli 2014 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 02 373 1006968 qnEx0gnYWF.jpg Pada Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi 2014, UGM berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu medali perak. (Foto: dok. UGM)
A A A

JAKARTA - Setiap tahun, puluhan perguruan tinggi bertarung dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). Mereka yang unggul, akan memboyong medali dan predikat juara.

Tahun ini, kontingen Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu medali perak. Perolehan tersebut menempatkan UGM di peringkat ketiga setelah Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Matin Nuhamunada dari Fakultas Biologi dan Ahmad Sukron dari Fakultas Teknologi Pertanian sukses meraih medali emas pada kompetisi nasional ini. Sedangkan Ali Muharom, dari Fakultas Biologi, baru berhasil membawa pulang medali perak.

Menurut Matin Nuhamuda, jumlah medali yang dibawa pulang UGM sama dengan tahun lalu. Meski begitu, ON MIPA-PT tahun ini mengujikan materi yang lebih sulit dibandingkan tahun sebelumnya.

Contohnya, kata Nuha, demikian dia biasa disapa, soal yang diujikan dalam bidang Biologi banyak yang merupakan data hasil riset. Para peserta pun harus lebih kreatif menganalisis dan memberi kesimpulan dari data tersebut.

"Penting bagi setiap peserta untuk banyak mengetahui research-based learning," ujar Nuha, demikian dia biasa disapa, seperti dilansir laman UGM, Rabu (2/7/2014).

Sementara itu, menurut Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi Setiadi Daryono, rasa ingin tahu dan semangat mahasiswa untuk menekuni sains dan teknologi (saintek) menorong penguasaan ilmu pengetahuan mereka.

"Olimpiade MIPA ini dapat menjadi salah satu wahana bagi mahasiswa untuk menguasai bidang ilmu saintek, serta turut berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia," imbuhnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini