Share

Mengaku Bisa Ubah Kertas Jadi Uang, Warga Aljazair Dibekuk

Jimmy Panggabean , Sindo TV · Senin 30 Juni 2014 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 30 340 1005947 r4h7w5AsOx.jpg Ilustrasi
A A A

MEDAN - Polresta Medan, Sumatera Utara membekuk seorang pria berkewarganegaraan Aljazair yang mengaku mampu mengubah kertas menjadi uang Dollar hanya dengan ditetesi ramuan miliknya. Tiap beraksi, pelaku meminta mahar uang dolar asli dari korbannya.

Tersangka FB dibekuk petugas di sebuah wisma di kawasan Jalan Gatot Subroto Medan, kemarin sore. Tempat itu merupakan lokasi persembunyian, karena selama ini ia tinggal di salah satu rumah di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penangkapan FB berdasarkan laporan dari pria berinisial I yang mengaku ditipu sebesar USD1.000. Uang tersebut ia berikan, karena FB mengaku bisa mengubah kertas hasil tukaran uang asli menjadi uang setelah ditetesi ramuan.

“Uang USD1.000 itu akan digandakan menjadi USD4 juta. Tapi setelah kertas yang dijanjikan akan menjadi uang tak berubah juga, akhirnya korban melapor ke kami,” ujar Kapolresta Medan, Kombes Pol Nico Afinta Karo-Karo di Medan, Senin (30/6/2013).

Dari tangan FB, polisi meyita 30 bungkus kertas yang akan menjadi media penggandaan uang, mesin, cairan ramuan, serta alat pengecekan keaslian uang. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menyelidiki adanya korban lain. Kuat dugaan, tersangka juga terlibat dalam pencetakan uang palsu.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini