Share

Kementan Rencanakan Impor Beras 500.000 Ton

Hendra Kusuma , Okezone · Selasa 24 Juni 2014 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 24 320 1003651 iOsmqOPESO.jpg Kementan Rencanakan Impor Beras 500.000 Ton (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan bahwa pemerintah telah menyusun rencana untuk mengimpor 500.000 ton beras guna mengantisipasi dampak badai kering el nino.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Rusman Heriawan mengatakan, meski badai kering el nino ini setiap tahunnya terjadi. Namun, pemerintah tetap mewaspadai badai tersebut akan berdampak pada produksi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Peristiwa el nino juga tiap tahun akan terjadi. Yang penting jangan sampai produksi yang bisa dicapai pada 2013, turun dari jumlah itu," kata Rusman di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Rusman menuturkan, izin yang akan dikeluarkan adalah 200.000 ton untuk beras jenis premium dan 300.000 ton untuk jenis beras medium. Sementara itu, sambung Rusman, dirinya memperkirakan, badai el nino diperkirakan menghantam Indonesia pada Oktober, November, dan Desember.

"Maksud saya begini, boleh saja ada pemikiran-pemikiran impor untuk memperkuat cadangan beras dalam negeri. Tapi instrumen itu disiapkan saja. Tetapi bukan berarti harus dieksekusi," tambahnya.

Lanjut Rusman, rencana impor beras yang telah direncanakan oleh pemerintah merupakan sebagai tindakan antisipasi. "Misalnya el ninonya dahsyat sehingga semua produksi terganggu, dan sebagainya, kita sudah siap. Sudah ada pembicaraan awal mengenai impor itu. Impor akan tergantung kepada kemampuan produksi kita," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini