Share

5.000 Avanza Menuju Timur Tengah

Arief Aszhari, Okezone · Senin 16 Juni 2014 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 16 52 999451 rUyKRZdFIH.jpg F: Daihatsu ekspor Avanza untuk pasar Timur Tengah (Arief A / Okezone)

JAKARTA- Varian multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota Indonesia, Avanza, sepertinya semakin digemari di luar negeri. Terbukti Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil memperluas pasar ekspor MPV (multi purpose vehicle) Avanza, ke negara tujuan ekspor baru di Timur Tengah.

Peluncuran ekspor Avanza dilakukan Senin, 16 Juni 2014, di Vehicle Logistic Center (VLC) Daihatsu, di kawasan Sunter, Jakarta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Rencananya ADM akan mengekspor sebanyaak 5.000 unit utuh atau CBU Avanza tahun ini, dan akan dikirim ke Negara-negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Oman, Kuwait, UEA, Qatar, Bahrain, dan Yaman.

"Perluasan pasar ekspor Avanza ke Timur Tengah ini semakin mengukuhkan pengakuan pasar internasional atas kualitas global produk ADM sekaligus keberhasilan koordinasi Grup Toyota," ujar Amelia Tjandra, Marketing Direktur ADM, saat acara ekspor Avanza ke Timur Tengah, di Sunter, Jakarta Utara, Senin (16/6/2014).

Degan terus berkembangnya pasar ekspor Toyota Indonesia, Toyota Grup akan terus mengembangkan usahanya di Negara-negara berkembang (emerging market), dengan menyediakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Sejak produksi perdana akhir tahun 2003 hingga Mei 2014, ADM telah memproduksi Avanza sebanyak 1.394.954 unit yang terdiri dari 1.183.867 unit untuk kebutuhan pasar domestic dan 211.087 unit diekspor ke 44 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin.

Proses produksi Avanza (bersama kembarannya Xenia) telah melibatkan 830 supplier dengan jumlah tenaga kerja sekitar 487.000 termasuk perusahaan value chain. Penggunaan komponen lokal pada Avanza saat ini telah mencapai 85 persen dan diharapkan akan terus meningkat.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini