Share

"Mobil Murah" Kia Tawarkan Kenyamanan

Arief Aszhari, Okezone · Jum'at 13 Juni 2014 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 13 423 998220 Ea3ZjEEocr.jpg F: Interior KIA Morning (Arief A/Okezone)

JAKARTA- Saat ini di pasar automotif nasional tengah digempur oleh berbagai jenis mobil murah ramah lingkungan (LCGC) dari pabrikan asal Jepang. Di tengah gempuran mobil LCGC, ada salah satu model asal Korea Selatan, KIA Morning, yang siap untuk meramaikan segmen tersebut.

Dengan banderol cukup kompetitif yakni Rp128 juta, seberapa mumpuni KIA Morning untuk menjadi pilihan alternatif? Untuk menguji hal tersebut, beberapa waktu lalu KIA Mobil Indonesia mengajak beberapa media automotif nasional termasuk Okezone untuk menguji hal tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

KIA mengajak puluhan jurnalis untuk merasakan performa Morning dengan tujuan Jakarta-Anyer, Banten, Selasa-Rabu (3-4/6/2014).

Pada etape pertama pengujian, Okezone bertindak sebagai penumpang. Hal ini dimaksudkan untuk menguji seberapa nyaman KIA Morning sebagai mobil perkotaan yang memiliki bentuk yang tidak besar, baik saat berada di kursi penumpang depan maupun belakang.

Sebelum masuk kabin, Okezone sempat memperhatikan desain mobil bergaya Eropa karya team designer Kia, Peter Schreyer. Kia Morning hadir untuk memberikan pilihan kepada pecinta city car akan mobil perkotaan yang stylish, lincah dengan tampilan eksterior denganĀ  Grille serta bentuk Bumper depan yang sporty.

Walaupun hadir sebagai city car, namun KIA Morning memiliki dimensi yang cukup yaitu 3.595 x 1.595 x 1.477 mm, dan wheelbase 2.385 mm. Jadi saat Okezone duduk di bangku penumpang baris kedua masih terasa cukup lega, padahal saat pengujian satu mobil diisi oleh empat orang.

Kesenyapan dalam kabin juga cukup baik, suara dari luar tidak cukup terasa. Ini terjadi karena Morning menggunaan tiga lapis peredam suara pada panel dashboard, dan penggunaan dua lapis karet pintu memberikan kenyamanan berkendara yang maksimal dan kesenyapan kabin penumpang.

Sebagai mobil perkotaan yang mengharuskan melaju di daerah padat, sistem entertainment single Din Audio System yang telah dilengkapi USB dan AUX connection sepertinya sudah cukup mumpuni sebagai media hiburan, namun untuk speaker yang hanya berada di depan sepertinya kurang maksimal bagi penumpang belakang karena suara musik atau radio tidak cukup terdengar dengan sempurna. Namun jangan kecewa, karena Kia telah mempersiapkan aksesoris penunjang secara terpisah.

"Speakernya memang hanya ada dua di depan, namun kami sudah menyediakan aksesoris untuk speaker di belakang jika memang konsumen menginginkannya," papar Arifani Perbowo, GM Product Development KMI kepada Okezone.

Kesimpulannya, KIA Morning cukup memberikan rasa nyaman untuk penumpang baik di baris depan ataupun belakang. Walaupun untuk sistem hiburan, yang hanya tersedia dua speaker di depan dirasa tidak cukup untuk penumpang belakang saat musik atau radio diputar.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini