Share

Yamaha YZF-R25 Melaju Kencang di Sentul

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 12 Juni 2014 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 12 423 997689 AjlF0mKXc6.jpg

SENTUL - Setelah sebelumnya berusaha untuk mengenal lebih dekat karakter berkendara Yamaha YZF-R25, kini saatnya merasakan sensasi letupan mesin di atas lintasan balap Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dalam test ride kali ini, Okezone mendapat kesempatan untuk melibas Sentul besar sebanyak 3 lap. Saat pertama kali selongsong gas digeber, raungan halus keluar dari lubang knalpot. Adrenalin pun terpompa untuk memuntir selongsong gas lebih dalam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Putaran pertama lebih kepengenalan trek. Dipandu instruktur dari Yamaha Indonesia, Okezone bersama rekan jurnalis lainnya melaju dengan kecepatan sedang namun sesekali mencapai kecepatan di atas 100 kpj.

Perpindahan gigi yang Okezone rasakan begitu halus. Tidak terasa hentakan berarti saat posisi gigi dipindah. Baik dari putaran bawah, menengah hingga atas, tenaga mesin injeksi 4 langkah, 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup ini terasa padat.

Berdasarkan spesifikasi resmi yang dikeluarkan Yamaha, mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 26,5 KW (36 PS) pada putaran 12 ribu RPM dengan torsi 22,6Nm 10 ribu RPM.

Saat trek lurus pada lap pertama, angka 155 kpj dapat Okezone raih. Pada putaran kedua, saat tikungan akhir sebelum masuk lintasan lurus, gigi empat dipilih untuk menggapai nafas lebih panjang. Hasilnya naik sedikit, 158 kpj berhasil didapat.

Yakin kemampuan motor berjuluk Baby M1 berada di atas itu, Okezone pun melaju di tikungan akhir dengan mempertahankan gigi tiga lalu melakukan perpindahan gigi hingga posisi enam dan akhirnya R25 melesat hingga kecepatan 162 kpj. Ini merupakan top speed yang berhasil Okezone capai.

Kecepatan yang berhasil diraih bukanlah yang tercepat. Jurnalis dengan perawakan lebih kecil dari Okezone bahkan mampu menyentuh kecepatan hingga 166 kpj. Sebagai gambaran, Okezone memiliki tinggi 175 cm dengan berat badan 84 kg.

Hasil yang Okezone raih tentu lebih cepat dari pengujian yang dilakukan di tempat yang sama saat menggunakan Kawasaki Ninja 250 FI. Saat itu kecepatan puncak Ninja 250 yang berhasil raih mencapai 155 kpj. (baca: Geber Kawasaki New Ninja 250 di Sentul)

Dengan hasil ini, untuk sementara Yamaha R25 berhasil mematahkan kedigdayaan Ninja 250 sebagai motor 250 cc tercepat di pasar nasional.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini