Share

Impor Ditempuh Kemendag Demi Stabilitas Harga & Industri

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Jum'at 06 Juni 2014 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 06 320 995047 sesKnxPTV1.jpg Ilustrasi (Foto:Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan beberapa produk hortikultura seperti cabai, bawang merah dan bawang putih tidak akan terlepas dari impor. Pasalnya komoditas tersebut pada kuartal I-2014 menyumbang deflasi.

"Hortikultura ini terutama cabai sebenarnya tidak tergantikan. Kalau pun ada misalnya satu tahun impor 15 ribu ton lebih untuk menyeimbangkan industri," ucap Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di kantornya, Jakarta, Jumat (6/6/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lutfi menjelaskan, hortikultura seperti bawang putih, sekira 95 persen lebih berasal dari impor. Sementara itu yang menjadi faktor inflasi terutama bulan April-Mei adalah daging ayam dan telur ayam yang mengalamati kenaikan masing-masing sekira delapan persen dan enam persen.

"Ini saya utarakan yang bertanggung jawab adalah Kemendag karena kalau tidak disangga harganya akan terjadi kebangkrutan massal untuk peternak mandiri dan peternak industri, karena kalau dia hancur terpaksa kita mesti impor," tegas dia.

Menurutnya, saat ini pihaknya sudah menjelaskan kepada pihak Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI).

"Saya sudah utarakan ke Kemenkeu dan BI, memang untuk daging ayam dan telur itu by design untuk disangga supaya tidak terjadi kerusakan industri yang massal," paparnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini