Share

Tanpa Airbag, Kia Morning Tetap Safety

Arief Aszhari, Okezone · Kamis 05 Juni 2014 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 05 52 994237 gIBEA3eLVE.jpg F: Kia Morning (Arief A / Okezone)

SERANG- KIA Morning resmi diluncurkan KIA Motor Indonesia (KMI) sebagai andalan terbaru pabrikan asal Korea Selatan itu guna bertarung di segmen city car nasional. Mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif yakni Rp128 juta OTR Jakarta.

Dengan harga yang bersaing dengan produk LCGC, mobil ini hadir dengan fitur yang cukup mumpuni di kelasnya. Namun KIA Morning yang hadir dengan konsep perkotaan ini belum mengadopsi fitur keselamatan airbag.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Arifani Perbowo yang GM Product Development PT KIA Mobil Indonesia, meskipun KIA Morning belum mengadopsi airbag, tapi mobil ini hadir dengan sistem Kia scrumble zone, yang berfungsi meredam tabrakan frontal dari depan sehingga efek tabrakan tidak sampai ruang kabin.

"Dengan konsep mobil perkotaan dengan kecepatan 70 sampai 80 km/jam walaupun belum mengadopsi airbag namun KIA Morning sudah memiliki struktur bodi yang kuat di bagian depan mobil dan samping mobil," ujar Arifani di sela-sela media test drive KIA Morning, di Anyer, Banten.

Lebih lanjut Arifani mengatakan, KIA Scrumble zone adalah penyerapan gaya terhadap kecelakaan melalui empat jalur atas dan tiga jalur bawah. Kemudian dari samping pada pilar B dan bagian bawah pilar B dilengkapi rainforcement, yang bisa meredam benturan hingga 980 megapascal.

"Namun jika pasar memang telah mengarah ke sana, kita pasti akan mempertimbangkan airbag. Namun untuk saat ini kita menggunakan sistem yang lebih berguna untuk mobil perkotaan," pungkas Arifani.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini