Share

Kurangi Polusi Udara, China Hancurkan Jutaan Kendaraan

Arief Aszhari, Okezone · Jum'at 30 Mei 2014 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 29 52 991546 Uzq8300a8g.jpg F: Ilustrasi kendaraan di China (Worldcarfans)

BEIJING - China memang negara dengan populasi jumlah penduduk terbanyak di dunia, begitu juga dengan jumlah populasi kendaraannya. Dengan besarnya jumlah kendaraan di negara tersebut, tentu saja banyak masalah yang ditimbulkan, seperti kemacetan, konsumsi bahan bakar, dan polusi udara.

Dilansir Inautonews, untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, khususnya masalah polusi udara. Negara berjuluk Tirai Bambu ini terus menerapkan program ramah lingkungan, seperti mobil plug-in hibrida dan mobil listrik. Bahkan, cara tersebut mulai menunjukan keberhasilannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun dengan semakin parahnya masalah polusi udara, China berencana membuat strategi lebih kuat dan cepat dengan rencana menghancurkan beberapa juta kendaraan tua yang dianggap sudah tidak memenuhi standar emisi.

Untuk langkah pertama, China akan menyingkirkan sekira enam juta unit kendaraan tua yang sudah tidak memiliki standar emisi. Menurut pemerintah China, kendaraan yang akan disingkirkan yang diproduksi sekira 2005. Bahkan untuk mendukung langkah tersebut, SPBU di Beijing, Shanghai, dan kota-kota besar lainnya akan dipaksa untuk menjual bensin dan solar bersih.

Program ini akan dijalankan dengan mengambil lima juta kendaraan dari Beijing, Pelabuhan Tianjin, Delta di Sungai Yangtze, Shanghai, Sungai Pearl, dan di sekitar pusat bisnis Guangzhou. Rencana ini diyakini, selain akan mengurangi populasi udara, juga sedikit mengurai kemacetan di China.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini