Share

Wow, Google Pamer Mobil Tanpa Pengemudi

Arief Aszhari, Okezone · Kamis 29 Mei 2014 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 29 52 991391 s7iuq53yxV.jpg F: Prototipe mobil Google (Leftlanenews)

CALIFORNIA - Setelah beberapa tahun melakukan pengujian terkait mobil tanpa pengemudi, akhirnya Google resmi memerkenalkan mobil autonomous terbaru. Mobil yang belum diketahui namanya ini datang dengan bentuk minimalis dua pintu.

Google menjelaskan, pembangunan prototipe mobil ini memang dilakukan dengan sangat mendasar, sehingga para insinyur Google dapat belajar dari model pertamanya tersebut dan cepat melakukan perubahan pada desain keseluruhan jika diperlukan. Demikian dilansir Leftlanenews, Kamis (29/5/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Prototipe mobil tanpa pengemudi Google ini hadir dengan interior dua kursi, sepasang cup holders, dan sebuah kotak penyimpanan kecil. Mobil ini juga tidak menyediakan roda kemudi, pedal gas dan rem, serta hanya menyediakan peralatan yang terbatas dengan tombol untuk memulai, serta layar besar untuk menampilkan rute jalan.

Teknologi utama pada mobil ini terletak pada atap mobil yang telah dilengkapi sensor yang digunakan untuk menghasilkan peta dari jalan di depan mobil. Mobil menganalisis data radar secara cepat dan membandingkan dengan peta untuk mendeteksi hambatan seperti mobil lain, lampu lalu lintas, dan pejalan kaki.

Rincian secara teknis untuk mobil Google ini memang sangat terbatas. Namun, Google mengatakan bahwa mobil ini akan didukung oleh tenaga listrik dengan akselarasi maksimum yang masih dibatasi untuk alasan keamanan.

Google sendiri berencana membangun sekira 100 unit contoh prototipe mobil tanpa pengemudi dalam beberapa bulan ke depan. Sebagai mobil percontohan, mobil ini masih akan dilengkapi roda kemudi dan pedal gas, sehingga pengemudi bisa mengambil alih jika terjadi kesalahan.

Perusahaan pencari terbesar di internet ini bahkan belum memutuskan masa depan mobil tanpa pengemudi ini, apakah akan diproduksi dan dipasarkan secara massal atau Google akan membawa teknologi autonomous ini ke pasar dan menjalin kerja sama dengan produsen mobil besar dunia.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini