Share

3 Jurus Pemerintah Lawan Kemiskinan

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Kamis 24 April 2014 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 20 975103 5aCj1QfQ0f.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Dalam laporan yang dikeluarkan World Bank, pengelolaan risiko secara efektif dapat membangun ketangguhan dalam menghadapi peristiwa menyulitkan sekaligus memanfaatkan peluang pembangunan dan dapat mengurangi kemiskinan di suatu negara. Hal ini pun berlaku bagi negara berkembang seperti Indonesia.

Perwakilan dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Suahasil Nazara mengatakan, pihaknya bersama pemerintah telah banyak mendiskusikan manajemen risiko untuk menanggulangi bencana dan kemiskinan di negara ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kami berevolusi sejak krisis ekonomi 1998 dengan penggunaan tiga kluster," ucap Suahasil di Energy Building, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Dia menjelaskan, kluster pertama tentang rumah tangga, yakni memberikan bantuan sosial berupa beras miskin (raskin) dan dilanjutkan dengan Program Keluarga Harapan (PKH) yang menyasar rumah tangga miskin.

"Yang kluster kedua dengan menerapkan pembangunan yang didorong komunitas guna mengurangi risiko umum," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk kluster ketiga, dilakukan pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menaikkan pendapatan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga konsen mengatasi risiko di bidang kesehatan dengan adanya sekarang BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

"Di mana setengah dari penduduk Indonesia saat ini sudah tercover jaminan kesehatan dan ditargetkan seluruh penduduk sudah memperolehan jaminan tersebut pada 2020," tukasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini