Share

BI Kembangkan Layanan Keuangan Digital

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Senin 21 April 2014 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 457 973455 WqJhfgRJcz.jpg Bank Indonesia (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) akan terus mendorong financial inclusion. Salah satunya dengan penerapan program Layanan Keuangan Digital (LKD) yang dulunya bernama Branchless Banking.

Seperti diketahui, saat ini BI sendiri sudah mengeluarkan aturannya dan tengah menggarap Surat Edaran (SE) terkait LKD.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM BI Eni V Panggabean, tahapan untuk pengembangan program LKD tersebut menjadi empat bagian yakni tahap pertama yakni konektivitas dasar.

"Masa kritis terhadap cakupan layanan seluler dan penetrasi di antara masyarakat pedesaan yang miskin," ujar Eni di Gedung BI, Jakarta, Senin, (21/4/2014).

Eni menambahkan, pengembangan LKD di tahap kedua yaitu digital remote payment dengan mengarahkan masyarakat miskin untuk bisa menggunakan teknologi dan melakukan transfer

Menurut Eni, hal ini membuat masyarakat miskin yang mengadopsi dan menggunakan teknologi untuk melakukan transfer dari satu orang ke orang lain, serta pembayaran bantuan pemerintah.

"Lalu yang ketiga, layanan keuangan digital full range, yang merupakan masyarakat miskin menggunakan teknologi digital untuk bisa menabung," paparnya.

Eni menjelaskan, nantinya masyarakat miskin mengadopsi dan menggunakan teknologi digital untuk menabung, kredit dan pelayanan asuransi.

Sementara itu, yang keempat yakni digital in-store purchase. Eni mengungkapkan, masyarakat miskin menuju era transisi digital besar-besaran termasuk pembelian di toko kecil, pembelian saham, pembelian obligasi termasuk SUN, E-commerce bagi small, micro enterpreneurs.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini