Share

Biar Cantik, Begini Menata Makanan di Piring!

Johan Sompotan, Okezone · Selasa 22 April 2014 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 299 973630 d5F901kjtH.jpg Plating makanan yang benar (Foto:geoff mottram)
A A A

MENYANTAP makanan bukan sebatas persoalan aroma dan rasa saja, tapi cara penataan makanan di piring hal wajib untuk memancing nafsu makan.

Makanan yang disuguhkan di piring tentunya akan terlihat secara visual harus menarik, bisa merangsang cairan pencernaan Anda sehingga kepuasan dalam menyantapnya pun bisa terpenuhi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menata makanan di piring atau yang dikenal dengan proses plating seperti dilansir Timesofindia:

Berikan banyak warna

Memasukkan banyak warna di piring akan menjadikan makanan enak disantap. Jika memberikan makanan yang tak banyak warna, maka akan kurang menarik secara visual.

Kasih sentuhan profesional

Tata makanan di piring dengan baik. Berikan sentuhan profesional layaknya makanan di restoran ternama. Anda bisa mengubah makanan yang sederhana menjadi makanan kelas mewah. Jika menyuguhkan ikan bakar maka letakkan ikan di atas sayuran atau mashed potato.

Pilih piringnya

Pemakaian piring pun juga wajib diperhatikan untuk menghasilkan tampilan makanan jadi menarik secara visual. Pikirkan soal bentuk, ukuran, dan warna pada piring yang akan dipakai. Usahakan memakai piring berwarna putih karena kontras ketika dipasangkan dengan warna lain.

Hiasi dengan baik

Hiasan di piring harus selalu bisa dimakan. Pastikan bahwa soal rasa dan warna bisa seimbang. Anda bisa memberikan rempah-rempah, mentimun, wortel, kacang-kacangan, maupun buah-buahan yang sudah dicincang.

Bereksperimen dengan tekstur makanan

Tekstur makanan bukan hanya terlihat bagus di piring, tapi harus pula terlihat bagus pada makanan yang dibuat. Kulit ayam panggang bisa disajikan dengan diberi sedikit sentuhan mashed potato.

Saus

Jangan lupa memberikan sentuhan saus jika menyuguhkan hidangan daging. Kasih sentuhan saus warna cokelat atau berikan sentuhan warna yang cerah. Anda bisa memakai mustard, mayones, maupun jenis saus yang disukai. Caranya, sirami sausnya dengan melewati daging atau dibagian sekitar piring.

Perhatikan soal suhu

Salad dingin rasanya akan terasa jauh lebih baik bila ditaruh di piring atau wadah dingin karena bisa menjaga kesegaran saladnya. Jika ingin menyuguhkan sup maka pilihlah wadah yang tahan panas. (ren)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini