Share

Kue Turki, Mahal Plus Elegan

Johan Sompotan, Okezone · Minggu 20 April 2014 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 19 299 972710 Y5IbzQfsga.jpg Ais kacang di Malaysia dan Singapura (Foto:thedailymeal)
A A A

MAKANAN penutup kerap disuguhkan ketika usai menikmati makanan utama. Beragam makanan penutup atau dessert ini tersebar di seluruh dunia.

Dessert sangat identik dengan rasa manis. Ada pula beberapa makanan pentup masih dikenal pada menu yang global meskipun terkenal di negara asalnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut ini deretan dessert terenak di dunia yang patut dicicipi, sehingga memperkaya khasanah soal kulinernya seperti dilansir Thedailymeal:

Ais Kacang

Hidangan tradisional Malaysia ini, bisa didapatkan di Singapura dan Brunei, awalnya populer sebagai makanan jalanan tetapi sekarang bisa ditemukan di restoran ternama.

Makanan ini pada dasarnya memakai es serut dengan kacang merah, attap chee (biji sawit), jagung manis, cincau, dan diberi santan kental. Sehingga akan memberikan ledakan warna-warni serta munculnya rasa manis yang menjadi sempurna ketika dikonsumsi saat musim panas.

Crème de Abacate

Alpukat berlimpah di Brasil sehingga tidak ada alasan untuk tak menyuguhkannya. Terkenal dengan rasa gurih, biasanya di Brasil alpukat dibuat krim puding.

Caranya alpukat ditumbuk dengan diberi susu dan gula. Kemudian dihiasi dengan serutan kelapa dan jeruk nipis. Biasanya bisa disajikan panas dan dingin.

Firni

Dikenal sebagai Phirni, ini adalah puding beras khas India Utara tradisional dengan memakai kunyit, kapulaga, dan kacang-kacangan.

Puding biasanya berbintik kuning dan oranye karena muncul dari kunyit, Serta memberikan kualitas aromatik dan pedas. Seringkali daging buah (biasanya mangga) ditambahkan untuk menambah cita rasa.

Sultan Golden Kue

Dessert ini tidak hanya lezat tetapi juga paling mahal di dunia. Disajikan di Ciragan Palace di Istanbul, makanan penutup ini membutuhkan 72 jam untuk mempersiapkan dan berisi buah ara, quince, aprikot, dan pir yang direndam di dalam rum Jamaika selama dua tahun. Toppingnya berisi karamel, truffles hitam dan memakai daun emas dekaden. (uky)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini