Share

Tip Sederhana Atasi Infeksi Saluran Kemih

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 19 April 2014 03:11 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi wanita terkena ISK (Foto: Boldsky)

SERING buang air kecil disertai dengan nyeri dan demam, mungkin Anda menderita infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi ini sering dialami oleh wanita dan sering disebabkan oleh kebersihan yang buruk, penurunan asupan air, dan sistem kekebalan tubuh lemah.

 

Menderita infeksi saluran kemih sangat tidak mengenakan, meskipun mungkin hanya terjadi sekali dalam hidup Anda. Berikut tip mengatasi infeksi saluran kemih dan mencegahnya kambuh kembali, sebagaimana dilansir Boldsky.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Minum lebih banyak air putih

Meningkatkan asupan air merupakan hal penting dalam kiat mengatasi infeksi saluran kemih. Minum banyak air lebih banyak akan meningkatkan frekuensi buang air kecil dan membantu pemulihan dengan cepat.

 

Sering buang air kecil

Infeksi saluran kemih mengakibatkan Anda sering buang air kecil, namun itu akan membantu pemulihan lebih cepat. Hal ini karena jika Anda sering buang air kecil, maka bakteri juga akan ikut keluar bersama urin. Oleh karena itu, jangan mencoba menahan kencing ketika ingin buang air kecil karena dapat memperlambat proses pemulihan.

 

Diet yang tepat

 

Salah satu tip kesehatan yang paling berguna ketika menderita infeksi saluran kemih adalah diet sehat dan seimbang. Disarankan untuk menyertakan buah dan sayuran yang tinggi kandungan airnya. Selain itu, diet sehat dan seimbang akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda, sehingga proses pemulihan bisa menjadi lebih cepat.

 

Menjaga kebersihan di toilet

 

Menjaga area genital tetap bersih adalah salah satu tip penting dalam mengatasi infeksi saluran kemih. Wanita harus selalu ingat untuk menyeka alat kelaminnya dari belakang ke belakang setelah buang air kecil.

 

Kenakan pakaian yang tepat

 

Mengenakan pakaian yang longgar adalah tip penting dalam mengatasi infeksi saluran kemih. Jangan memakai pakaian terlalu ketat dan bahan katun adalah pilihan terbaik untuk menjaga daerah genital tetap kering. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pakaian yang dikenakan tetap bersih dan kering.

 

Jangan gunakan pembersih miss V

 

Disarankan untuk tidak menggunakan pembersih miss V untuk pemulihan infeksi saluran kemih dengan cepat. Selain itu, menghindari penggunaan pembersih miss V juga mencegah kambuhnya infeksi saluran kemih. Hal ini karena menggunakan pembersih miss V dapat mengganggu keseimbang Ph di dalam miss V, sehingga berisiko terkena infeksi saluran kemih kembali.

(tty)