Share

Pasukan Suriah Rebut Kota Kuno Maaloula

Angga Mahaputra , Okezone · Selasa 15 April 2014 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 15 412 970511 HW3MTLXamX.jpg Pasukan loyalis terhadap Pemerintah Suriah (Foto: Reuters)
A A A

MAALOULA – Tentara Pemerintah Suriah berhasil merebut Kota Maaloula di Utara Damaskus, Suriah pada Senin 14 April 2014. Sebelumnya kelompok Front Al-Nusra mengambil alih kota kuno itu pada Desember lalu.

Setelah berhasil menduduki tempat tersebut para anggota kelompok Front Al-Nusra menawan beberapa biarawati. Para biarawati akhirnya bisa dibebaskan pada Maret setelah muncul sebuah kesepakatan untuk melakukan pertukaran tahanan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut laporan, pendudukan wilayah tersebut yang dilakukan oleh tentara pemberontak menyebabkan ditutupnya rute dari Lebanon karena adanya pengamanan jalan utara menuju Damaskus. Jalur tersebut merupakan rute untuk menuju pusat Suriah yaitu Homs dan wilayah Mediterania.

"Saat ini pasukan pemerintah berada di dalama wilayah Maaloula. Semua ada dibawah kendali penuh mereka, termasuk Biara Mar tekla,” ungkap salah seorang sumber militer yang melakukan kontak dengan pejuang pemerintah, seperti dikutip Straits Times, Senin (15/4/2014).

Keberhasilan pemerintah saat ini juga atas bantuan dari kelompok Hizbullah. Dikabarkan mereka berjanji akan membantu Pemerintah Suriah untuk membangun stabilitas wilayah Negara tersebut.

Hizbullah juga akan membantu mengatasi para kelompok pemberontak yang menduduki wilayah-wilayh di perbatasan. Kehadiran Hizbullah sebelumnya dikecam oleh pihak Barat dan dituntut segera keluar dari Suriah.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini