Share

Mesin Baru Toyota Hemat Bahan Bakar

Azwar Ferdian, Okezone · Jum'at 11 April 2014 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 11 52 968966 AOGJt4AH3w.jpg F: Logo Toyota (ist)

TOKYO - Raksasa automotif Jepang Toyota, memperkenalkan serangkaian mesin baru yang hemat bahan bakar. Mesin ini diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar minimal 10 persen dibanding mesin yang ada saat ini.
 

Salah satunya adalah mesin bensin yang baru dikembangkan berkapasitas 1.3 liter. Mesin ini menggunakan Siklus Atkinson yang biasanya digunakan oleh mesin hybrid. Demikian dilansir Worldcarfans, Jumat (11/4/2014).

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Penggunaan Siklus Atkinson memberikan peningkatan rasio ekspansi dan mengurangi pembuangan panas melalui rasio kompresi yang tinggi (13,5:1). Sehingga efisiensi termalnya meningkat hingga 38 persen," papar Toyota seperti dilansir Worldcardfans.

 

Mesin ini juga telah dilengkapi dengan intake port khas yang menciptakan arus yang kuat pada pusaran vertikal dari campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder. Inovasi ini memungkinkan mesin menjadi lebih hemat bahan bakar sekira 15 persen dari model yang ada saat ini.

 

Selain mesin tersebut, Toyota juga telah meluncurkan mesin berkapasitas 1.0 liter yang bersama-sama dikembangkan oleh Daihatsu. Mesin ini berbeda dari mesin yang sebelumnya yang menggunakan Siklus Atkinson, namun memiliki intake yang memberikan efek yang sama, dengan tambahan sistem EGR didinginkan dan rasio kompresi yang tinggi.

 

Ketika mesin ini dikombinasikan dengan sistem start stop dan berbagai teknologi pengurangan konsumsi bahan bakar lainnya, maka mesin bisa memberikan efisiensi bahan bakar hingga 30 persen, dari pada model yang ada saat ini.

 

Mesin baru Toyota ini akan digunakan dalam beberapa model yang akan datang. Toyota mengatakan bakal ada 14 varian mesin baru yang hemat bahan bakar yang akan diperkenalkan pada 2015 mendatang.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini