Share

JLR & Tata Motors Siapkan Penantang Fortuner Dkk

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 07 April 2014 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 07 52 966669 DgrC1P7IP2.jpg F: Land Rover Freelander (Motorbeam)

NEW DELHI - Spekulasi yang menyebutkan Tata Motors berkolaborasi dengan Jaguar-Land Rover dalam menyiapkan satu model khusus telah tersiar sejak lama. Model tersebut berupa SUV (sport utility vehicle) untuk menantang Toyota Fortuner, Hyundai Santa Fe dan Ford Endeavour.

Dilansir Motorbeam, Senin (7/4/2014) model hasil kolaborasi tersebut diberi nama kode Q5 dan rencananya siap masuk jalur produksi antara 2016 atau 2017. Setidaknya ada 45 teknisi yang terlibat dalam pengembangan proyek ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

SUV hasil pengembangan Tata Motors dan JRL ini menggunakan platform Land Rover Freelander 2 sebagai model dasarnya. SUV Q5 akan diperkirakan memiliki perbedaan 50-85 persen dari Freelander. Meski begitu model ini tetap menampilkan DNA klasik dan kualitas Land Rover.

Soal mesin hingga saat ini belum ada informasi resmi. Namun yang pasti, SUV tujuh penumpang ini akan menggunakan pilihan mesin yang ada saat ini.

Namun yang menjadi hambatan bagi produk ini adalah rebadge mengingat perbedaan antara keduanya bagaikan langit dan bumi. Seperti diketahui, Land Rover terlahir sebagai brand premium sementara Tata Motors dikenal sebagai produsen mobil murah sejagat.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini