Share

Pabrik 'Senjata Laras Panjang' yang Dikirim ke Aceh Dibongkar

Anang Agus Faisal , Sindo TV · Kamis 27 Maret 2014 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 27 340 961580 x47PLM9wZu.jpg
A A A

TULUNGAGUNG - Aparat gabungan TNI-Polri menggerebek sebuah rumah yang dijadikan bengkel konstruksi besi di Desa Panggungrejo, Kecamatan Kauman, Kabupten Tulungagung, Jawa Timur, hari ini. Lokasi tersebut digerebek lantaran dijadikan tempat pembuatan senjata laras panjang.

Penggerebekan itu merupakan tindaklanjut dari penemuan 120 pucuk replika senjata laras panjang yang dikemas dalam peti bertuliskan “sparepart kendaraan bermotor” di Kantor Pos Medan, Sumatera Utara, pada Rabu 26 Maret malam. Tujuan pengiriman barang tersebut adalah Aceh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dari lokasi penggerebekan, petugas menemukan sepucuk senjata laras panjang lengkap dengan magazin berikut alat pembuatnya. Pemilik bengkel, Purwo Prestiwanto, turut ditangkap dan kini tengah menjalani pemeriksaan di Mapolres Tulungagung.

Purwo pun tak membantah sebagai pengirim replika 120 pucuk senjata api tersebut. Menurutnya, senjata itu akan digunakan oleh sebuah pelayaran di Aceh. “Benar itu senjata replikanya saya yang mengirim,” ujar Purwo di Mapolres Tulungagung, Kamis (27/3/2014).

Sementara itu, Kapolres Tulungagung, AKBP Wishnu Herman F, mengatakan, bengkel milik Purwo sudah berdiri sejak empat tahun lalu. Selama itu pula, Purwo memproduksi dan memperjualbelikan senjata replika.

“Harganya Rp850 ribu per pucuk senjata,” ujar Wishnu. Atas perbuatan tersebut, pelaku dijerat denggan UU Nomor 83 tentang Industri.

 

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini