Share

Toyota Soluna Ini Enak buat Balap

Azwar Ferdian, Okezone · Jum'at 21 Maret 2014 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 21 312 958706 cYDh3nrjg3.jpg F: Toyota Soluna (ist)

JAKARTA – Toyota Soluna dianggap sebagai sedan keluarga yang kurang bertenaga. Di tangan pria ini, Toyota Soluna dibuat menjadi sedan galak yang asik diajak balap.
 

Pria bernama Rizky Basworo ini merombak penampilan Toyota Soluna miliknya supaya lebih percaya diri pada saat ikut di ajang lintasan balap lurus. Dibangun karena terinspirasi kesuksesan Toyota Soluna terdahulu yang pernah dimilikinya pada tahun 2008. Kali ini Toyota Soluna tipe GLi produksi 2002 yang dirombak.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mesin berkode 5A-FE bawaan pabrik masih dipertahankan, dan mendapat upgrade. Opsi yang dengan memasang open air filter, pemasangan plenum intake dan throttle body yang berdiameter lebih besar dari ‘saudara tuanya’ Toyota Great Corolla, mengganti sistem exhaust dari mulai header sampau muffler, hingga penggantian gearbox dan transmisi dengan perbandingan gear ratio lebih rapat.

 

Perubahan ringan hanya difokuskan di seputar kelistrikan dan saluran udara dilakoni punggawa Toyota Soluna Vios Club (TSVC) ini. Hasilnya dari tes Dynamometer Sigma Speed di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, tenaga meningkat dari 95 HP pada 6.000 rpm, menjadi 127 HP.

 

Koil internal yang menjadi bawaan pabrik diubah menjadi Eksternal guna mendapatkan percikan api yang lebih besar (9.000 volts), busi diganti dengan jenis yang lebih baik dari Iridium, Piggyback Dastek Unichip Type A dengan Launch Control dan dengan modul limiter dipercaya mampu mengatur putaran dan tenaga mesin dengan asupan tiap bahan bakar,

 

"Idenya bisa lebih bertenaga, tetap irit dan nyaman untuk dipakai jalan-jalan bersama keluarga", demikian komentar pria 35 tahun ini.

 

Bagian kaki-kaki juga terkena jamah seperti penggantian Shock Absorber bermerk Kayaba New SR Spesial milik Toyota Glanza yang memiliki tingkat kekerasan lebih baik dari bawaan pabrik disandingkan dengan velg Enkei Spyder NT-03 berdiameter 15 inch asal Jepang yang memiliki bobot ringan dan kuat serta untuk mendapatkan grip yang baik pada saat start dipergunakan Ban Toyo T1R asal Jepang.

 

Mesin:

5A-FE Stock Engine, Header 4-1 custom, Coil change to External Blue Fire, Busi NGK Racing, Fuel Pressure Regulator SARD, Open Air Filter Simota, Plenum Intake & Throttle Body Corolla, Piggyback Dastek Unichip type A, Muffler Daytona.

 

Transmisi:

Gearbox Toyota Vios

Clutch Corolla Altis.

 

Suspensi:

Front Shock Absorber OEM Toyota Glanza

Rear Shock Absorber Kayaba New SR Spesial Toyota Glanza

Front Strutbrace OEM Toyota Glanza

Rear Strutbrace Tanabe Sustec Toyota Glanza

 

Kaki-kaki:

Velg ENKEI Spyder NT-03 Japan diameter 15x7 inch, Ban TOYO T1R (Race)

Velg ENKEI SPORT Japan RCG-II Japan diameter 14x6 inch, Ban FORCEUM D900 (Daily used)

 

Interior:

Sepasang Jok Bride Ergo

Stir Sparco Monza

Seatbelt Takata

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini