Share

Komponen Lokal Harus Manfaatkan Mobil Murah

Arief Aszhari, Okezone · Rabu 19 Maret 2014 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 19 52 957456 eSg2EnlaOk.jpg F: INAPA 2014 (Okezone)

JAKARTA - Program mobil murah ramah lingkungan atau LCGC yang dicetuskan oleh pemerintah diharapkan mampu dimanfaatkan oleh industri komponen lokal. Pasalnya, dalam syarat peraturan mobil murah ini wajib menggunakan komponen lokal dalam negeri.
 

Menurut Direktorat Industri Alat Transportasi Darat Departemen Perindustrian, Soerjono, dalam lima tahun kedepan para pemain mobil yang dibanderol Rp100 juta ini harus menggunakan komponen lokal sebesar 80 persen.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Dalam lima tahun kedepan, para pemain LCGC harus memnuhi syarat komponen lokal sebesar 80 persen, dan ini menjadi kesempatan baik industri komponen lokal untuk memanfaatkan peluang ini," ujar Soerjono dalam pembukaan pameran INAPA 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/3/2014).

 

Lebih lanjut Soerjono mengatakan, saat ini banyak industri komponen lokal yang mengepung pasaar automotif nasional, namun hal tersebut bukanlah alasan bagi pemain industri komponen lokal untuk tidak maju dan berkembang.

 

Pasar dalam negeri sejatinya milik masyarakat Indonesia khususnya sektor automotif Tanah Air, maka dari itu industri ini harus lebih diperhatikan. Dengan hadirnya pemain dari luar, maka negara ini bisa dilihat sebagai tempat yang potensial sehingga para pemain tersebut mampu berinvestasi dan mendirikan pabrik di dalam negeri.

 

"Saat ini kita harus lebih meningkatkan kualitas industri komponen lokal kita, kita tidak bisa menghambat laju impor komponen lokal yang masuk ke Tanah Air, namun kita bisa meningkatkan kualitas agar teman-teman di industri komponen lokal bisa lebih maju dan berkembang," tukasnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini