Share

Lebih Intim dengan Tata Vista

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 20 Maret 2014 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 19 423 957769 G5WetyH3eL.jpg F: Tata Vista

JAKARTA - Sejak debut pertamanya pada September tahun lalu Tata Vista cukup menarik perhatian konsumen Tanah Air. Hatchback andalah PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) inipun menjadi tulang punggung pabrikan India itu di pasar nasional.

Rasa penasaran pada mobil berbanderol Rp136 juta inipun terjawab saat Okezone mengikuti acara test drive Jakarta-Puncak bertajuk Strong Amazing Day 2014 beberapa waktu lalu. Dalam acara ini sedikitnya 2 unit Tata Vista digunakan. Selain itu terdapat pula Tata Aria Pure dan Tata Safari Storme.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam acara test drive ini Okezone mengendarai Tata Vista berkelir merah (Spicy Red). Perjalanan dimulai dari salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Kondisi lalulintas yang cukup padat pagi itu tidak menghalangi Vista untuk bergerak bebas.

Pasalnya, mobil dengan dimensi panjang 3850 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1550 mm ini memiliki handling cukup baik. Alhasil, Vista mampu bergerak lincah ditengah kemacetan.

Saat pertama kali duduk dibalik lingkar kemudi, rasanya cukup nyaman. Ruang kaki dan kepala terasa cukup lega untuk saya yang memiliki tinggi 175 cm. Kaca depan Vista cukup lebar dan tinggi. Alhasil visibilitas pengendara sangat luas. Hal inipun menjadi nilai lebih bagi Tata Vista.

Sayangnya, tuas persneling Vista dirasa terlalu pendek. Selain itu, perpindahan giginya terasa cukup keras. Meski demikian, situasi tersebut tidak terlalu mempengaruhi kenyamanan berkendara secara signifikan.

Bicara soal ruang kabin, Tata Vista memiliki desain yang sederhana. Dasbor two-tone yang dianut terlihat elegan. Head unit terintegrasi sudah dilengkapi USB dan AUX-IN. Asyiknya, Vista memiliki kontrol audio yang tersemat pada setir. Pengemudi pun bisa mengatur volume dan mencari lagu yang diinginkan bahkan menerima telefon hanya dengan menggunakan ibu jari.

Bagaimana dengan performa? Untuk stop-and-go, Tata Vista yang mengadopsi mesin Safire berkapasitas 1.368 cc 4-silinder ini terasa kurang greget diputaran bawah. Tenaga baru terasa kala berada di putaran 4.000 rpm.

Putaran menengah hingga ke atas mesin bertenaga 88 daya kuda dengan torsi 116 Nm ini terasa galak. Saat berada di jalan tol Jagorawi, Vista mampu melesat cepat. Kecepatan puncak yang sempat diraih menyentuh angka 140 kpj. Angka tersebut masih bisa dilampaui, namun mengingat berada di jalanan umum pedal akselerator pun dikendurkan.

Kemampuan mesin bertransmisi manual lima percepatan ini diuji kala memasuki jalur pegunungan. Kemampuan hatchback asal India ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Dengan posisi gigi tiga, mobil ini mampu melibas tanjakan cukup curam di kawasan Gadog.

Puas duduk di balik kemudi, saya pun merasakan menjadi penumpang belakang. Ruang kaki dan kepala terasa lapang. Hembusan udara dingin yang berasal AC terasa sampai ke belakang.

Jika baterai ponsel habis tidak perlu risau, karena penumpang bisa mengisi ulang baterai ponsel melalui Power Socket yang terletak di kanan belakang jok. Menyimpan botol juga mudah karena terdapat cup holder yang mampu menampung dua botol kecil di sisi kanan dan kiri trim pintu.

Mobil ini sepertinya enak untuk diajak jalan jauh karena selain memiliki kabin yang lapang, ruang bagasi juga luas dan dapat menampung banyak barang bawaan.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini