Share

Eksplorasi Kuliner Khas Palembang dengan New Daihatsu Luxio

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 11 Maret 2014 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 10 423 952909 ceJLWXdrUB.jpg F: New Daihatsu Luxio (Septian P / Okezone)

PALEMBANG - Akhir pekan lalu (8-9 Maret 2014), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar test drive New Daihatsu Luxio di kota Palembang, Sumatera Selatan. Acara ini diikuti oleh puluhan awak media dari pulau Jawa dan Sumatera.

Acara berkonsep Jelajah Kuliner Unik Nusantara ini berlangsung cukup unik. Awak media tidak hanya bisa merasakan sensasi berkendara dengan Daihatsu Luxio terbaru tetapi juga menyicipi berbagai macam masakan khas Bumi Sriwijaya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sekira 14 unit New Daihatsu Luxio tipe X bertansmisi manual dan otomatis digunakan dalam acara ini. Mengambil garis start di diler Astra Daihatsu di Jalan A. Yani Nο. 100 Plaju, Palembang, rombongan bergerak menuju tempat-tempat yang telah ditentukan.

Dari segi tampilan New Luxio tentu lebih sedap dipandang. New Luxio memiliki paras lebih stylish dengan sentuhan baru pada bumper dan grille depan, serta desain baru pada side body molding, spion, velg dan lampu belakang serta muffler cutter.

Pada kesempatan pertama Okezone memilih sebagai penumpang dengan menempati baris ketiga. Fitur terbaru yakni one touch tumble pada jok baris kedua memudahkan saya untuk masuk ke ruang kabin. Hanya dengan satu sentuhan bangku baris kedua langsung terlipat.

New Luxio yang miliki dimensi panjang 4.215 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.915 mm memiliki interior yang begitu luas. Duduk dibangku paling belakang, ruang kaki dan kepala terasa lega. Sandaran bangku yang bisa dimundurkan tentu menambah kenyaman.

Hembusan AC cukup terasa hingga belakang meski tidak terlalu dingin. Begitu pun dengan suara yang keluar dari sistem audio. Meski demikian tidak terlalu mengurangi kenikmatan berkendara.

Sekira 15 menit perjalanan rombongan sampai di Stadion Gelora Sriwijaya, markas tim sepakbola Sriwijaya FC yang berlokasi di Jalan Gubernur Hasan Bastari. Setelah melakukan sesi foto, rombongan kembali melanjutkan perjalanan.

Lokasi kedua yang dituju adalah Rumah Makan Sri Melayu yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun. Di sini rombongan menikmati menu spesial pindang patin dan beberapa makanan khas lainnya.

Setelah makan siang, rombongan kembali melanjutkan perjalanan. Kali ini Okezone memilih duduk di bangku baris kedua. Tidak jauh berbeda dengan baris ketiga, bangku baris kedua juga nyaman saat diduduki.

Ruang kaki dan kepala terasa luas. Menyimpan botol minuman semakin praktis karena pada armrest kursi baris kedua tersedia cup holder.

Posisi jok baris kedua juga dapat diatur maju-mundur untuk mendapat posisi terbaik. Berbeda saat duduk di baris ketiga, hembusan AC di baris kedua lebih terasa.

Perjalanan terus dilanjutkan dan berhenti sejenak di Monumen Perjuangan Rakyat dan Kantor Walikota Sumatera Selatan di Jalan Merdeka untuk mengabadikan momen.

Tidak lama, perjalanan kembali dilanjutkan untuk menyambangi Pempek Saga Sudi Mampir di Jalan Merdeka No.8, 22 Ilir. Aneka ragam olahan pempek dengan kuah cuka yang khas, menuntaskan rasa penasaran yang menggelora.

Puas menyantap pempek khas Palembang, giliran Okezone menikmati New Luxio dari balik kemudi. Posisi berkendara terasa nyaman. Visibilitas yang lapang membuat berkendara dengan mobil ini begitu menyenangkan.

Soal performa tidak perlu diragukan. Jantung mekanis Luxio masih menggunakan model lawas yakni mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i berkapasitas 1.500cc, yang sanggup menghembuskan tenaga hingga 97 PS dengan torsi puncak 13,7 Kg. Tarikan bawah dan menengah terasa bertenaga.

Menyusuri jalan utama kota Palembang yang cukup padat, New Luxio mampu bergerak lincah. Lingkar kemudi begitu nyaman digenggam dan dikendalikan.

Melakukan perpindahan gigi melalui tuas persneling yang ditempatkan di konsol tengah juga dapat dengan mudah dilakukan.

Pada malam harinya, rombongan menuju River Side untuk makan malam sambil menikmati pemandangan dengan latar jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang. Perjalanan hari pertama pun ditutup dengan menyantap buah durian di Pasar Kuto menjelang tengah malam.

Keesokan harinya rombongan sarapan di Martabak Abdullah HAR dengan menu martabak dan Mie Melor 26. Pada siang harinya kami pun menikmati makanan dengan menu olahan ikan di Sarinande yang berlokasi di jalan Mayor Ruslan.

Sebagai informasi, New Daihatsu Luxio ditawarkan dengan harga mulai dari Rp157,55 juta sampai Rp186,8 juta On the Road Jakarta.

Mobil ini hadir dalam lima pilihan warna diantaranya Dark Grey Metallic, Sonic Blue Metallic, Midnight Black Metallic, Classic Silver Metallic dan Icy White.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini