Share

Bila Inflasi 6%, Angka Kemiskinan Mendekati 11%

Petrus Paulus Lelyemin , Okezone · Jum'at 21 Februari 2014 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 21 20 944775 EphK7f7k0R.jpg Ilustrasi (Foto:Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat bila tingkat inflasi mencapai 6 persen, maka pertumbuhan angka kemiskinan mendekati level 11 persen.

Seperti diketahui, pemerintah menyatakan, kenaikan angka kemiskinan per September 2013 yang mencapai angka 28,55 juta orang. Sebelumnya Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana mengatakan angka kemiskinan per September 2013 seharusnya berada pada range 9,5 persen hingga 10,5 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Itu simulasi pertumbuhan angka kemiskinan. Enggak, mendekati (11 persen)," tutur Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (21/2/2014).

Namun, Armida juga menjelaskan besaran pertumbuhan kemiskinan tersebut masih dapat dikompensasi oleh besaran pertumbuhan ekonomi nasional setiap tahunnya.

"Yah tapi kalau growth-nya bisa ini, misal enam persen,  tapi bisa dikompensasi juga dari pertumbuhan," ujarnya.

Untuk itu, jelas Armida, penting untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok. Menurut dia, harga bahan pokok yang stabil akan sangat membantu menekan pertumbuhan angka kemiskinan.

"Makanya intinya dari sini, intinya adalah harga. Juga penting di penanggulagan kemiskinan yang tak kalah penting juga harga," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini