Share

Pascabencana, Mendag Sulit Tentukan Keputusan Impor

Hendra Kusuma , Okezone · Kamis 20 Februari 2014 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 20 320 943855 AUiQoosTMj.jpg Muhammad Lutfi (Foto:Hendra/Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih belum menentukan sikap mengenai impor pasca-kejadian bencana alam yang beberapa waktu ini melanda Indonesia. Sebut saja bencana yang disebabkan oleh erupsi Gunung Kelud yang memberikan dampak besar di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan bahwa saat ini yang diutamakan oleh pemerintah mengenai distribusi pangan antarpulau di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kan kita belum tahu jumlahnya berapa, kadang-kadang begini, misal cabai itu susah cari impornya gak ada gantinya itu," jelas Lutfi saat di acara Indonesia Fashion Week 2014 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Lutfi menjelaskan, impor juga sulit dilakukan untuk mencari negara lain yang menyediakan bahan pangan yang karakteristiknya serupa dengan pangan di Indonesia. "Seperti cabai, orang Indonesia kan gak mau makan cabai tapi diganti menjadi cabai bubuk. Jadi sulit substitusinya," tambahnya.

Oleh karena itu, hingga saat ini dirinya masih belum mengetahui mengenai impor pangan pascabencana akan dilakukan atau tidak.

"Karena memang itu (impor) gak gampang, mungkin bagaimana kita mengerjakan antar pulau (distribusi)," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini