Share

Abu Vulkanik Bisa buat Rusak Motor

Arief Aszhari, Okezone · Jum'at 14 Februari 2014 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 14 53 940759 LnXRaDHdit.jpg F: ilustrasi letusan gunung berapi (reuters)

JAKARTA - Akibat lentusan Gunung Kelud yang terjadi malam tadi, beberapa wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah tertutup abu vulanik. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, abu letusan gunung berapi ini juga bisa membuat rusak kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat.
 

Jika di wilayah Anda sudah terselimuti abu vulkanik, disarankan bagi para pemilik kendaraan untuk tidak memaksakan diri menggunakan sepeda motor atau mobilnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut GM Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Wedijanto Widarso, kendaraan yang tertutup abu vulkanik memang bisa dinyalakan dan abu tersaring di filter. Tapi, sebaiknya jangan dulu digunakan, karena akan mempengaruhi kondisi motor pascadigunakan setelah terkena abu vulkanik.

 

"Ketika motor terkena abu vulkanik memang masih bisa dinyalakan, karena abu akan disaring oleh filter. Namun ketika motor dinyalakan pasti akan mengalami masalah seperti brebet dan mesinnya tidak normal," papar Wedijanto Widarso kepada Okezone, Jumat (14/2/2014).

 

Lebih lanjut, saat ini memang kebanyakan motor Honda sudah menggunakan filter udara tipe Viscous, jadi sudah bisa menyaring abu dan menjadikan vartikel yang lebih kecil. Sebaiknya ketika motor terkena abu vulkanik, disarankan tidak digunakan.

 

"Ketika kondisi sudah normal, langsung dibersihkan dan ganti filter udara agar kondisi motor kembali normal. Usahakan tanya ke mekanik kerusakan lebih lanjut motor, apa yang harus diganti lagi selain filter udara, karena kita tidak tahu kondisi yang ada di sana," pungkasnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini