Share

Beras & Rokok Kretek, Penyebab Naiknya Jumlah Orang Miskin

Petrus Paulus Lelyemin , Okezone · Kamis 02 Januari 2014 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 02 20 920804 DfJpzFjPJn.jpg ilustrasi (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Kenaikan angka kemiskinan yang mencapai 28,55 juta orang per September 2013 sesuai rilis Badan Pusat Statistik (BPS) ternyata menyajikan sebuah fakta menarik pada daftar komoditi yang memberi sumbangan besar terhadap garis kemiskinan.

BPS mencatat, rokok kretek filter memberikan sumbangan kedua terbesar terhadap kenaikan garis kemiskinan di Indonesia. Komoditi tersebut tercatat menyumbang kurang lebih sebesar 10,08 persen di daerah perkotaan dan 8,31 persen di daerah pedesaan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Rokok kretek filter berada diposisi kedua penyumbang terbesar terhadap kenaikan garis kemiskinan," tutur Kepala BPS Suryamin di kantornya, Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Sementara itu, di atas rokok, beras tercatat memberikan sumbangan tertinggi yakni sebesar 24,81 persen di daerah perkotaan dan 32,72 persen di daerah pedesaan. Mengikuti rokok, komoditi telur ayam ras menjadi pemberi sumbangsih terbesar ketiga terhadap garis kemiskinan nasional.

Seperti diketahui, sesuai data Global Adult Tobacco Survey (GATS) Indonesia jumlah perokok aktif di Indonesia terbanyak dari 16 negara. Tercatat sekitar 61,4 juta penduduk Indonesia adalah pengkonsumsi tembakau.(rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini