Share

Berkendara Aman dengan Michelin & Polda Metro Jaya

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 02 Desember 2013 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 02 53 905763 rdGnRMgWud.jpg F: Road Safety Day (ist)

JAKARTA - PT Michelin Indonesia bersama Kepolisian Daerah Khusus Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menggelar kampanye keselamatan berkendara atau "Road Safety Day" di Lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, akhir pekan kemarin.

Acara tersebut dihadiri Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Chryshnanda Dwilaksana, Asisten Deputi Gubernur DKI, Drs. Usmayadi dan Country Director PT Michelin Indonesia, Jean-Charles Simon, Direktur Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan, Kementrian Perhubungan, Hotma Simanjuntak, serta Ketua Road Safety Association, Edo Rusyanto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kampanye road safety ini dimeriahkan sejumlah kegiatan seperti Program Fill Up with Air Michelin untuk motor, Lomba Mewarnai dan Menggambar untuk anak dengan tema Road Safety, Atraksi Polwan dengan Moge mengenai berkendara yang aman, Atraksi Polisi Cilik (Pocil), Atraksi BMX, serta Penampilan Band Alexa.

Country Director PT Michelin Indonesia, Jean-Charles Simon menjelaskan, "Michelin memiliki tanggungjawab dan komitmen sosial untuk menghadirkan mobilitas yang aman dan berkelanjutan."

"Untuk program Road Safety ini, kami bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk mendukung program Kepolisian dalam mengkampanyekan Keamanan Berkendara. Salah satu bentuk dukungan adalah dengan menyediakan media pengajaran dalam bentuk buku/komik tentang Road Safety." jelasnya dalam keterangan resminya kepada Okezone.

Sementara itu Dirlantas Polda Metro Jaya Chryshnanda Dwilaksana mengatakan keselamatan berkendara di jalan raya dapat diwujudkan bila masyarakat sebagai pengguna jalan memahami dan sadar terhadap tata cara berlalu lintas yang baik. Melalui edukasi yang kontinyu dan menjangkau seluruh kalangan masyarakat, risiko berkendara akan dapat ditekan.

Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, kecelakaan lalu lintas pada 2012 lalu mencapai 109.038 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 25.131 orang. Artinya dalam sehari terdapat 81 orang meninggal atau 3 orang per jam.

Selain disebabkan oleh tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor, faktor kesalahan manusia (human error) turut berperan besar terhadap terjadinya kecelakaan di Indonesia. Rendahnya kesadaran berlalu lintas dan pemahaman yang terbatas mengenai keamanan berkendara (road safety) merupakan beberapa masalah mendasar yang harus segera diatasi.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini