Share

4,9 Juta Unit RFID Gratis buat Jakarta

Azwar Ferdian, Okezone · Kamis 28 November 2013 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 28 52 904030 ur58XwNp9T.jpg F: SPBU (ist)

JAKARTA – Pemasangan alat RFID kepada seluruh pemilik kendaraan roda empat atau lebih dari PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) ditegaskan gratis atau tidak dipungut biaya. RFID (Radio Frequency Identification) adalah bagian dari program pemerintah Sistem Monitoring dan Pengendalian Bahan Bakar Minyak (SMPBBM).
 

“Biaya pemasangan RFID pada kendaraan roda empat dan lebih adalah Rp0 alias gratis. Jadi tidak benar berita yang menyatakan pemilik kendaraan harus membayar kepada petugas PT INTI atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Pertamina sesudah bulan November atau periode tertentu,” ujar Adiaris, Direktur Operasi dan Teknik PT INTI.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kabar ini menyangkal rumor sebelumnya yang beredar bahwa nantinya pemasangan RFID pada kendaraan roda empat dan lebih akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) sesudah bulan November 2013.

 

“Hingga akhir tahun 2013 atau akhir bulan Desember 2013, PT INTI menargetkan pemasangan sekitar 4,5 juta RFID pada kendaraan roda empat dan lebih di wilayah DKI Jakarta. INTI sendiri telah menyiapkan 4,9 juta buah RFID hingga akhir tahun nanti,” Adiaris menambahkan.

 

Telah disiapkan Posko Registrasi/Pendaftaran SMPBBM di 41 dari 276 SPBU Pertamina di wilayah DKI Jakarta. Secara bertahap jumlah Posko Registrasi/Pendaftaran SMPBBM akan terus ditambah dan masyarakat dapat melihat lokasi per wilayah di situs resmi program SMPBBM di www.smpbbm.com

 

Fungsi alat RFID adalah sebagai identitias digital pemilik kendaraan bermotor untuk membeli BBM bersubsidi, baik jenis Premium atau Solar pada SPBU PT Pertamina. Nantinya seluruh kendaraan bermotor yang berjumlah sekitar 100 juta unit di seluruh Indonesia – terdiri dari 80 juta sepeda motor, 11 juta mobil penumpang, 6 juta truk, dan 3 juta bus wajib dipasang RFID untuk dapat membeli BBM Bersubsidi.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini