Share

Kampus UNM Dibakar Mahasiswa

Wahyudi , Koran SI · Senin 25 November 2013 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 25 340 902533 gInEU9IV4J.jpg
A A A

MAKASSAR- Aksi bentrokan mahasiswa dan pembakaran gedung di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali terulang, Senin (25/11/2013).

Insiden yang terjadi sekira pukul 16.30 Wita tersebut, mengakibatkan gedung milik Bengkel Sastra (Bestra) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dibakar oleh segerombolan mahasiswa.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, dua mahasiswa juga dilaporkan mengalami luka bacok dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar.

Gabungan petugas Polrestabes Makassar dan Polsekta Tamalate yang diterjunkan ke UNM Parangtambung, mengamankan tujuh oknum mahasiswa yang diduga kuat sebagai pelaku pembakaran.

Ketujuhnya tertangkap saat dilakukan penyirian di sekitar FBS dan Pintu I UNM. Mereka rata-rata diketahui berasal dari Fakultas Teknik (FT) UNM.

Turut disita pula sejumlah senjata tajam jenis parang dan samurai sebagai barang bukti.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polrestabes Makassar AKBP M Ridwan yang memimpin aparat kepolisian di TKP mengungkapkan, ketujuh oknum mahasiswa ini untuk sementara masih menjalani pemeriksaan di Mapolrestabes.

"Selain ada tujuh mahasiswa yang kita tangkap, ada juga dua mahasiswa yang kena bacok," sebutnya kepada wartawan tadi malam.

Mulai tadi malam, sebanyak satu peleton aparat kepolisian ditempatkan di Kampus UNM Parangtambung untuk mengantisipasi bentrokan susulan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, insiden ini berawal saat berhembusnya isu sepeda motor salah satu mahasiswa dibakar di sekitar kampus.

Isu ini kemudian meluas, dan tiba-tiba ratusan mahasiswa yang diduga berasal dari FT melakukan penyerangan masuk ke gedung FBS.

Beberapa diantaranya bahkan melemparkan bom molotov yang ke Ruangan Bestra yang berada di depan, yang menyebabkan ruangan berukuran 8x12 ini ludes dilalap si jago merah.

Aksi penyerangan ini kemudian dibalas oleh mahasiswa FBS, sehingga terjadi aksi saling serang hingga ke Jalan Daeng Tata Raya, yang menyebabkan arus lalu lintas tertutup hingga 30 menit.

"Ruang Bestra terbakar setelah dimolotov di bagian atap. Pelakunya sangat banyak pak, dan rata-rata memakai cadar," ujar M Irfan, salah seorang mahasiswa yang ditemui di Gedung FBS.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini