Share

Proton Bikin Crossover Dari Suprima S?

Febri Ardani, Okezone · Kamis 07 November 2013 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 07 52 893495 W4YMEasCe6.jpg F: Proton Suprima X (paultan)

SENTUL - Pabrikan asli Malaysia, Proton, kabarnya tengah mengerjakan satu model baru yang merupakan proyek lanjutan satu platform yang dimiliki Exora/Preve/Suprima S, dengan konsep bodi crossover.

 

Situs Paultan pernah merilis foto penggoda yang dibuat Theophilus Chin. Terlihat bagaimana wujud crossover pertama milik Proton dengan mengambil basis Suprima S. Dilabeli Suprima X perawakannya hampir mirip dengan Suprima S hanya saja lebih bongsor dan lebih tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Pengembangannya masih berjalan dan dipastikan model ini juga pasti mampir ke Indonesia. "Akhir tahun saya ke sana (Malaysia) untuk test mobil tersebut. Tunggu saja, gambar fix-nya saja belum keluar," kata salah satu sumber dari product planning Proton Edar Indonesia, tanpa menyebutkan nama resmi model tersebut kepada Okezone di acara est drive Proton Suprima S, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11/2013).

 

"Kita memang menggunakan single platform buat mengakomodir banyak model, jadi rubah model pun lebih cepat," paparnya lagi. Prediksinya akhir tahun pengembangan rampung dilakukan kemudian diakhir tahun 2014 croosover ini bisa diperkenalkan ke publik.

 

Sumber tersebut juga mengatakan pilihan mesin masih menggunakan tipe 1.6L CamPro Turbo I4 milik Suprima S dan Preve namun dengan tambahan mesin 2.0 liter N/A. Pilihan terakhir bisa jadi menggunakan mesin milik Mitsubishi, seperti apa yang pernah Proton lakukan dengan rebadge Mitsubishi Lancer menjadi Proton Inspira (2.0L MIVEC GEMA 4B11 I4), Mitsubishi Eterna sebagai Proton Perdana dan Proton Waja yang punya pilihan mesin V6 2.0L 6A12 milik Mitsubishi.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini