Share

Ini Bedanya Proton Suprima S & Preve

Febri Ardani, Okezone · Kamis 07 November 2013 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 07 52 893188 9HddYEk0H1.jpg F: Proton Suprima S (Okezone)

SENTUL - Proton Suprima S sejatinya adalah versi hatchback dari sedan Preve yang akhirnya sudah diluncurkan Proton Edar Indonesia (PEI) di pertengahan tahun ini.
 

Data spesifikasi tidak ada perbedaan terselubung diantara keduanya, kecuali ukuran dimensi yang memang terlihat jelas. Keduanya menggunakan platform yang sama, artinya juga sama jenis seperti milik MPV Exora. Bahkan kabar yang beredar dari platform ini Proton sedang mempersiapkan model crossover.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baik Suprima dan Preve yang dipasarkan di Indonesia adalah tipe tertinggi yaitu Premium, artinya juga spesifikasinya merupakan yang tertinggi. Mesin sama, 1.6 Campro CFE turbo bertenaga 138 HP dan 205 Nm, dalam negeri PEI mensejajarkannya dengan mobil bermesin 2.0 liter N/A.

 

Perbedaan keduanya ada di setingan akhir suspensi belakang. "Shockbreaker berbeda di bagian belakang, dibuat lebih rigid karena Suprima lebih berat sekitar 50 Kg dari Preve. Konstruksinya memang sedikit dibuat kaku karena tidak ada lantainya kan di bagian belakang, jenisnya masih sama, depan McPerson di belakang multilink dengan stabilizer bar," papar Edwin Sofyan, Product Planning PEI saat berbincang dengan Okezone di sela-sela test drive Proton Suprima, Sentul, Bogor, Jabar, Kamis (7/11/2013).

 

"Sebenarnya mesin berbeda, tapi bukan lain fisiknya hanya tuningnya saja yang berbeda di Electronic Control Unit dan Transmission Control Unit. Rasio torsi dibuat lebih pendek untuk mengejar kata agresif sekaligus akselerasi lebih cepat, Level boost di turbo sama dengan Preve tidak ada yang berbeda," tambah Edwin lagi.

 

Tidak terlupakan penggunaan velg antara keduanya juga menjadi pembeda. Proton Suprima S menggunakan velg berukuran 16 inci, sedangkan Proton Preve memakai velg berukuran 17 inci.

 

Kalau Proton Preve menyasar kepada para eksekutif muda mapan dengan karakter elegan, Proton Suprima S diperuntukan buat eksekutif muda atau selevel manager perusahaan yang masih punya jiwa agresif. Di Indonesia Preve ada di segmen sedan medium, bertemu langsung dengan Honda Civic, Ford Focus sedan, dan Toyota Altis, sedangkan Suprima S menantang Ford Focus hatchback dan VW Polo.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini