Share

Indonesia Surga Baru Automotif Dunia

Azwar Ferdian, Okezone · Selasa 08 Oktober 2013 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 08 52 878177 mwNZO4Bwsv.jpg F: Astra Daihatsu Ayla M Sporty dan X Elegant (Azwar F/Okezone)

JAKARTA – Pasar automotif Eropa masih jatuh sedangkan pertumbuhan automotif di China dianggap kurang pesat. Kini, produsen mobil memiliki surga baru dengan mengalihkan fokus mereka untuk pasar berkembang di Asia Tenggara, seperti Indonesia.

Melambatnya pertumbuhan penjualan di China melambat dan India, membuat banyak produsen yang mengalami kelebihan kapasitas. Mereka pun memutar strategi dengan menyasar ke Asia Tenggara dan mengambil langkah-langkah berani dalam pasar yang sebelumnya diabaikan seperti Indonesia, Malaysia dan bahkan Myanmar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Beragam cara baru ditawarkan seperti program mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang baru saja dicetuskan di Indonesia. Produsen global berharap akan ada turbocharge pertumbuhan di pasar negara berkembang Asia Tenggara ini.

"Negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand adalah regional yang kami percaya sedang mengalami pertumbuhan tinggi," kata Xavier Mosquet, pengamat senior dari Boston Consulting Group di Detroit.

"Untuk pemain di Eropa, AS dan Jepang, diversifikasi geografis tidak akan pernah lebih penting, daripada yang dilakukan di ASEAN ini untuk menyeimbangkan badai ekonomi lokal," lanjut Mosquet.

Pabrikan Jepang seperti Honda, Nissan dan Toyota telah menjadi pemimpin di Asia Tenggara. Mereka menggelar model mobil murah untuk dipasarkan di Indonesia. Juga menarik dilihat adalah pendatang baru seperti India, Tata Motors, yang sedang mempertimbangkan mengembangkan versi murahnya di Indonesia. Sedangkan General Motors baru saja membuka kembali pabrik di Indonesia pada awal tahun ini, setelah lama absen.

Toyota dan Daihatsu menguasai sekitar setengah dari pasar mobil Indonesia. Duo Astra ini menjadi produsen pertama yang meluncurkan mobil murah mereka. Lalu disusul Honda dan Suzuki yang juga melahirkan LCGC. Mobil murah haruskan memiliki nama Indonesia dan menggunakan komponen lokal lebih dari 80 persen.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini